Mobil Ini 'Terkenal' Tapi Sayang Tak Laku di RI, Kamu Punya?

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
30 November 2021 07:20
Dealer New Cars Stock. Colorful Brand New Compact Vehicles For Sale Awaiting on the Dealer Parking Lot. Car Market Business Concept.

Jakarta, CNBC Indonesia - Banyak model mobil yang akhirnya tak laku sama sekali pada penjualan Oktober 2021. Penyebabnya karena ada sentimen kemunculan model-model baru hingga kekuatan produk masing-masing mobil tersebut.

Pengamat otomotif Bebin Djuana menilai hal itu tidak lepas dari faktor kendaraan lainnya. Selama ini, beberapa mobil mendapatkan perhatian besar seperti Mitsubishi Xpander serta Toyota Avanza, alhasil ada mobil lain yang tidak mendapat perhatian lebih.


"Sebetulnya itu juga bisa diakibatkan campaign yang gencar dan bisa beredar di media dan media sosial tentang kehadiran Avanza baru atau Xpander. Jadi istilah kita itu adalah ada market yang dimakan nih," katanya kepada CNBC Indonesia, dikutip Selasa (30/11/21).

Hal ini karena beberapa pabrikan mobil mulai mengeluarkan tipe-tipe baru untuk mobil produksinya. Bahkan Avanza saja terpental dari 10 besar mobil terlaris, karena konsumen banyak menunggu model baru. Mobil terlaris justru Toyota All New Rush.

Toyota All New Rush TRD Sportivo yang merupakan kakak dari New Rush 1,5 GR Sport, mobil paling laku bulan ini. Mobil ini hanya berhasil terjual empat unit selama bulan Oktober. Jauh di bawah level penjualan di awal tahun sebesar 2.988 unit. Sepanjang tahun 2021, penjualan mobil ini tercatat 24.018 unit.

All New Terios tipe X dan R. Mobil keluaran Daihatsu ini bahkan tidak ada penjualan di bulan Oktober. Kehadiran tipe IDS nampaknya mampu menggantikan posisi pendahulunya.

Selain itu, penjualan New Mobilio tipe E dan RS apes di bulan Oktober karena tidak ada penjualan alias nol unit. Kinerja penjualan ini sepanjang tahun 2021 cukup bagus dengan penjualan 2.469 unit untuk tipe E dan 705 unit untuk tipe RS.

Dari jenis mobil sedan, Honda City yang memiliki penjualan 40 unit sepanjang Januari-Oktober 2021 tidak mengirimkan lagi unitnya ke diler sejak April hingga Oktober 2021.

Berikut daftar mobil yang kurang laris per Oktober 2021 berdasarkan data Wholesales Gaikindo:

Honda All New City: 0 unit
Honda All New Civic: 0 unit
Toyota All New Corrolla Altis: 0 unit
Daihatsu All New Sirion 2018: 1 unit
Daihatsu All New Terios X: 0 unit
Daihatsu All New Terios R: 0 unit
Honda HRV S: 1 unit
Honda New Mobilio E: 0 unit
Honda City: 0 unit
Honda Mobilio: 1 unit
Toyota All New Rush: 2 unit
Toyota All New Rush TRD Sportivo: 4 unit


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading