Pengumuman! Akhir Tahun Cair Lagi Bansos Sembako Rp 300 Ribu

News - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
29 November 2021 15:20
INFOGRAFIS, Daftar Bansos yang Cair di Bulan Ini

Jakarta, CNBC Indonesia - Menuju penutupan tahun, pemerintah akan kembali memberikan bantuan sosial tunai (BST) pada November dan Desember 2021. Nilai bantuan dari masing-masing program sebesar Rp 300.000 dan diberikan kepada masyarakat paling rentan.

"Dilakukan tiga bulan masing-masing Rp 300 ribu pada 35 kabupaten/prioritas untuk penanganan kemiskinan ekstrem," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, beberapa waktu lalu.

Demi mengatasi dampak pandemi Covid-19, pemerintah memiliki beberapa program bansos. Bansos tersebut yaitu, kartu sembako, Program Keluarga Harapan (PKH), BST, subsidi kuota internet, Bantuan Subsidi Upah (BSU), bantuan UKT Kemendikbud, diskon listrik, dan Kartu Prakerja.


Airlangga juga menyinggung soal bansos top up kartu sembako Rp 300 ribu tersebut. Pelaksanaan Bantuan Sosial (Bansos) top up kartu sembako Rp 300 ribu akan dimulai Desember 2021. Bansos top up kartu sembako Rp300 ribu tersebut akan disalurkan melalui Kemensos. Bansos top up kartu sembako akan menyasar 1,4 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Sedangkan mengenai jadwal pelaksanaanya, Airlangga akan dimulai pada Desember 2021 mendatang.

Untuk menjadi penerima top up kartu sembako belum diperinci secara jelas oleh pemerintah. Namun, sepertinya akan sama dengan program kartu sembako sebelumnya di mana, penerima harus terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Berikut cara mendapatkannya:

1. Untuk menjadi KPM terdaftar, peserta keluarga akan dipilih oleh Kemensos
2. Kemensos akan mengirimkan surat pemberitahuan berisi teknis pendaftaran ditempat yang sudah ditentukan
3. Data yang diisi oleh peserta akan langsung terintegrasi dengan Bank Himbara, kantor kelurahan dan kantor kabupaten
4. Saat akan melakukan pendaftaran, peserta perlu membawa KK, KTP dan kode Unik Keluarga dalam Data Terpadu
5. Setelah diverifikasi dan berhasil terdaftar, maka KPM akan mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)
6. Setelah mendapatkan KKS, maka KPM dapat langsung ke lokasi yang disediakan untuk pengambilan sembako nya

Untuk mengecek kepesertaan atau status apakah terdaftar sebagai penerima Kartu Sembako atau tidak, peserta bisa langsung masuk ke laman Data Terpadu Kesejahteraan Sosial milik Kemensos yakni https://dtks.kemensos.go.id/

Pemerintah menargetkan tingkat kemiskinan ekstrem menurun secara bertahap dan mencapai 0% pada 2024. Tahun depan, pemerintah memperluas program ke 215 kabupaten/kota. Kemudian pada tahap ketiga, perluasan kembali dilakukan di 500 kabupaten/kota.


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading