Kang Emil Targetkan 2023 Seluruh Desa di Jabar Punya BUMDes

News - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
28 November 2021 14:55
Pembukaan Simposium Kolaborasi dan Sinergi BUMN-BUMD-BUMDes Jabar di Hotel Preanger, Kota Bandung

Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menargetkan seluruh desa sudah memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di 2023 mendatang. Hal ini dilakukan agar perputaran ekonomi desa di Jawa Barat dapat lebih berkembang.

BUMDes ini ditujukan untuk berkolaborasi dengan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan sinergi antara BUMDes dengan BUMN-BUMD.


"Hari ini penandatanganan kerja sama karena Jawa Barat menargetkan 2023 100 persen desa-desanya sudah punya BUMDes," ujar Kang Emil dalam keterangan tertulis, Minggu (28/11/2021).

Dalam acara Pembukaan Simposium Kolaborasi dan Sinergi BUMN-BUMD-BUMDes Jabar di Hotel Preanger, Kota Bandung, Jumat (26/11), Kang Emil menambahkan, telah ada sekitar 1.400 BUMDes yang lahir di era kepemimpinannya bersama Uu Ruzhanul Ulum. Sedangkan jumlah desa di Jawa Barat mencapai 5.300 desa.

"Selama saya memimpin ada sekitar 1.400 bumdes lahir, insya allah di dua tahun kita kebut sehingga semua desa punya badan usaha," tutur Kang Emil.

Pembukaan Simposium Kolaborasi dan Sinergi BUMN-BUMD-BUMDes Jabar di Hotel Preanger, Kota BandungFoto: Pembukaan Simposium Kolaborasi dan Sinergi BUMN-BUMD-BUMDes Jabar di Hotel Preanger, Kota Bandung
Pembukaan Simposium Kolaborasi dan Sinergi BUMN-BUMD-BUMDes Jabar di Hotel Preanger, Kota Bandung

Setelah terbentuk, BUMDes ini akan dibagi ke dalam beberapa kelompok. Kelompok ini disesuaikan dari berapa omzet yang didapat oleh BUMDes tersebut. Kang Emil menginginkan ingin adanya lompatan. Ia menuturkan akan membentuk leveling, bintang 2 untuk omzet di bawah 10 juta, dan bintang 5 untuk omzet miliaran.

Dengan BUMDes, menurut Kang Emil upaya untuk mewujudkan desa sebagai ekonomi masa depan akan semakin dekat. Hal ini juga sejalan dengan slogan 'tinggal di desa, rezeki kota, bisnis mendunia'.

"Sehingga konsep tinggal di desa rezeki kota bisnis mendunia ini di akselerasi sampai jumpa di 2023, melihat bumdes maju dengan omzet diatas 1 miliar dan menjadi pilihan masa depan anak-anak muda di Jawa Barat untuk memilih desa sebagai pilihan aktivitas ekonomi di masa depan," pungkas Kang Emil.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading