Jadi Tuan Rumah Presidensi G20, Apa Untungnya Buat Indonesia

News - Andi Shalini, CNBC Indonesia
27 November 2021 16:17
Gedung Kemenlu (Detikcom)

Jakarta, CNBC Indonesia - Untuk pertama kalinya Indonesia dipercayakan untuk menjabat Presidensi G-20 yang akan digelar tahun depan.

Presidensi G20 tahun 2022 mengusung tema "Recover Together, Recover Stronger". Melalui tema ini, Indonesia mengajak seluruh dunia untuk bersama-sama mencapai pemulihan yang lebih kuat dan berkelanjutan. KTT tersebut dijadwalkan akan berlangsung di Bali, Indonesia, pada tahun 2022.

Dengan menjadi tuan rumah, ada sederet keuntungan yang didapat Indonesia. Dalam seminar 'Sosialisasi Presidensi G20 Indonesia: Unlocking G20 Opportunity' yang diselenggarakan Kemenlu bersama CNBC Indonesia, Direktur Program INDEF Esther Sri Astuti mengatakan salah satu potensi yang bisa didapatkan melalui presidensi ini adalah bisa menarik lebih banyak investasi.


"Menarik investor untuk bisa berinvestasi di Indonesia, jika investasi kuat didukung dengan SDM yang berkualitas akan mencapai pertumbuhan ekonomi yang sustain" kata Direktur Program INDEF Esther Sri Astuti

Sebagai tuan rumah penyelenggara pertemuan G20, momentum ini dinilai akan menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk menarik investor serta membuka berbagai potensi untuk menunjukkan kemajuan pembangunan Indonesia kepada dunia sehingga nantinya bisa berdampak pada pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berkelanjutan yang sempat terpuruk akibat covid-19.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading