Kasus Covid Jakarta Jadi Sorotan WHO, Ancaman Gelombang 3?

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
26 November 2021 07:40
Ilustrasi tempat wisata yang ditutup saat PSBB. (CNBC Indonesia/Anderan Kristianto) Foto: Ilustrasi tempat wisata yang ditutup saat PSBB. (CNBC Indonesia/Anderan Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kasus Covid-19 di DKI Jakarta telah menjadi sorotan baru WHO. Pasalnya, ada kenaikan yang cukup banyak dalam hal rawat inap pasien Covid-19.

Dalam laporan mingguannya "Covid-19 Situation Report 89" yang dirilis Rabu, (24/11/2021), badan PBB itu mengatakan bahwa di Jakarta ada kenaikan pasien rawat inap sebesar 10% bila dibandingkan dengan pekan sebelumnya.


"Pada 21 November, jumlah kasus Covid-19 yang dilaporkan dirawat di rumah sakit di DKI Jakarta adalah 200, sedikit meningkat dari 180 kasus satu minggu sebelumnya," tulis badan kesehatan PBB itu, dikutip Jumat (26/11/2021).

Meski begitu, jumlah kasus yang dilaporkan dalam isolasi mandiri menurun dari 514 pada pekan sebelumnya menjadi hanya 296 kasus.

Tak hanya DKI, WHO juga ikut memberikan peringatan terhadap provinsi-provinsi lainnya. Pasalnya banyak titik mengalami kenaikan mobilitas publik yang signifikan didorong oleh pelonggaran pembatasan kegiatan publik.

"Tren peningkatan mobilitas masyarakat terlihat di semua provinsi di Jawa dan Bali, terutama di stasiun transit dan ritel dan rekreasi," tulis lembaga itu.

"Peningkatan signifikan dalam mobilitas masyarakat di ritel dan rekreasi diamati di Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur dan Banten, di mana tingkat mobilitas pra-pandemi telah tercapai," tambah WHO.

Lebih lanjut, WHO meminta agar Indonesia membuat perencanaan baru. Ini sebagai bentuk antisipasi agar tidak terjadi ledakan kasus.'

"Perumusan rencana konkrit diperlukan untuk mengantisipasi dan memitigasi kemungkinan dampak peningkatan mobilitas terhadap transmisi dan kapasitas sistem kesehatan di tingkat nasional dan daerah," imbau lembaga itu.


[Gambas:Video CNBC]

(tps/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading