Internasional

Ngeri! Kartel Narkoba Meksiko Gantung 9 Orang di Jembatan

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
24 November 2021 12:05
Pasukan polisi dan para aktivis terlibat bentrok di ibu Kota Meksiko di tengah aksi unjuk rasa memperingati Hari Perempuan Internasional, Senin (8/3/2021). (AP/Rebecca Blackwell)

Jakarta, CNBC Indonesia - Otoritas Meksiko pada Selasa, (23/11/2021) menemukan enam mayat dengan posisi tergantung. Diduga mayat-mayat itu merupakan korban kekejaman kelompok kartel narkoba.

Mayat-mayat itu diteemukan di wilayah negara bagian Zacatecas di Meksiko tengah. Selain mayat yang digantung, pejabat berwenang juga menemukan 2 mayat lainnya di lahan sebuah properti komunitas.


"Tiga dari korban digantung di jembatan layang dan tiga lainnya di pohon," menurut pernyataan Sekretaris Keamanan Publik negara bagian Zacatecas kepada US News, dikutip Rabu (24/11/2021).

Penemuan mayat ini merupakan yang kedua kali terjadi dalam sepekan terakhir. Pada pekan lalu polisi juga menemukan 10 mayat di wilayah itu. Dari jumlah itu, sembilan di antaranya digantung di jembatan.

Meningkatnya kekerasan mematikan baru-baru ini adalah akibat dari perselisihan antara dua kelompok kriminal. Mereka bentrok urusan mengendalikan perdagangan narkoba di daerah tersebut. 

Dengan adanya aksi kekerasan ini tercatat sudah 948 orang tewas akibat kekerasan di Zacatecas dalam 10 bulan pertama tahun 2021. Ini sekitar 342 lebih banyak dari pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Selain di Zacatecas, kekerasan yang melibatkan perdagangan narkoba juga terjadi di wilayah Tamaulipas. Bulan Oktober lalu polisi berhasil melumpuhkan tiga anggota Kartel Teluk dalam sebuah aksi penangkapan di kota Matamoros.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Gempa Besar Guncang Meksiko, Magnitudo 7


(tps/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading