Sempat Setop, Bandara Soedirman Beroperasi Lagi 25 November

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
23 November 2021 14:30
Runway Bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga. (Dok. AP II)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bandara Jenderal Besar Soedirman yang terletak di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, akan kembali beroperasi, Jumat (25/11/2021). Hal itu dikonfirmasi oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi melalui akun Instagram resminya yang dikutip CNBC Indonesia, Selasa (23/11/2021).

Menurut dia, calon penumpang yang akan melakukan penerbangan bisa mengikuti tes usap antigen gratis di Bandara JB Soedirman atau seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Purbalingga.

Bandara PurbalinggaFoto: Pengumuman operasional Bandara JB Soedirman (Tangkapan layar Instagram Bupati Purbalingga)



Sebelumnya, Bandara JB Soedirman dikabarkan tidak layani melayani penerbangan sejak akhir September 2021. Hal itu diungkapkan pengamat kebijakan publik Agus Pambagyo via akun Facebook pribadi, Minggu (24/10/2021). Agus sudah mengizinkan CNBC Indonesia mengutip unggahan tersebut.


Menurut dia, satu-satunya maskapai yang melayani penerbangan Jakarta-Purbalingga-Surabaya, yaitu Citilink, sudah menghentikan penerbangan.

"Saya mau book untuk minggu depan ternyata sudah tidak ada penerbangan. Saat saya konfirmasi ke Citilink memang setop terbang. Semoga nasibnya tidak seperti Bandara Kertajati," kata Agus.

Kepada CNBC Indonesia, dia mengatakan unggahan itu bermaksud mengingatkan pemerintah dalam konteks pembangunan bandara.

"Emang ada penumpangnya, kan terbukti," ujar Agus. "Orang situ siapa yang mau ke Surabaya naik pesawat? Kan naik mobil. Mahal lagi (kalau pakai pesawat)," lanjutnya.

Menurut Agus, pembangunan bandara itu harus mencermati berbagai aspek."Sudah tahu penduduknya berapa gitu oke, terus ekonominya kelompok mana, terus kerjaannya ngapain, ada emang business man, kan nggak, ya terus ngapain dibangun?," katanya.

Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo mengonfirmasi perusahaan memutuskan untuk menghentikan sementara penerbangan dari dan ke Bandara JB Soedirman. Hal itu dikonfirmasi Juliandra kepada CNBC Indonesia, Minggu (24/10/2021).

Menurut dia, selama ini, maskapai masih melayani penerbangan setiap Kamis dan Sabtu.

"Tetapi beberapa saat ini karena demand-nya sedang sangat menurun di rute ini, sehingga karena alasan komersial kita tidak terbangi di week 3 dan week 4 Oktober ini," ujarnya.

Kendati demikian, Juliandra saat itu belum menjawab kapan maskapai akan kembali melayani penerbangan dari dan ke Bandara JB Soedirman. Juliandra hanya memastikan Citilink akan tetap aktif melayani penerbangan melalui Bandara JB Soedirman.

"Hanya kebetulan week 3 dan week 4 pax-nya minim," katanya.


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading