Internasional

Hilang Sebulan, Pakai Jaket Kulit Kim Jong Un Nongol di Sini

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
16 November 2021 12:06
North Korean leader Kim Jong Un gives field guidance during a visit to Samjiyon City, North Korea in this undated photo released on November 16, 2021 by North Korea's Korean Central News Agency (KCNA). KCNA via REUTERS ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. REUTERS IS UNABLE TO INDEPENDENTLY VERIFY THIS IMAGE. NO THIRD PARTY SALES. SOUTH KOREA OUT. NO COMMERCIAL OR EDITORIAL SALES IN SOUTH KOREA.

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemimpin tertinggi Korea Utara (Korut), Kim Jong Un, melakukan kemunculan perdananya setelah menghilang selama satu bulan dari publik. Kali ini, ia dilaporkan mengunjungi sebuah kota baru di dekat perbatasan dengan China dan juga sebuah gunung yang disucikan keluarganya di utara Samjiyon.

Mengutip Reuters yang melansir kantor berita KCNA, kota baru itu akan menjadi lambang peradaban modern di Negeri Pertapa. Apartemen baru, hotel, resor ski dan fasilitas komersial, budaya dan medis akan dibangun.


"Beliau (Kim Jong Un) mengatakan Samjiyon telah berubah menjadi contoh kota modern pegunungan di bawah sosialisme dan standar pembangunan pedesaan berkat perjuangan gigih para pekerja meskipun lingkungan utara tidak menguntungkan," kata KCNA, dikutip Selasa (12/11/2021).

Kim mengatakan membangun kota baru memberikan pengalaman dalam konstruksi, desain dan teknologi yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi untuk wilayah lain. Kota ini adalah salah satu inisiatif terbesar yang diluncurkan Pyongyang sebagai bagian dari dorongan Kim untuk ekonomi "mandiri" ketika negara itu menghadapi sanksi internasional atas program nuklir dan misilnya.

KCNA tidak memberikan tanggal kunjungan Kim ke lokasi itu. Tetapi itu adalah laporan pertama dari aktivitas publik oleh pemimpin selama 35 hari sejak ia memberikan pidato di sebuah pameran pertahanan.

Dalam foto-foto yang tersebar Kim Jong Un terlihat menggenakan jaket kulit berwarna hitam. Badannya pun terlihat lebih kurus dari sebelumnya.

Sebelumnya, pemimpin muda Korut itu seringkali menghilang dari publik. Hal ini memicu spekulasi tentang kesehatan atau keberadaannya. 

Badan intelijen Korea Selatan (Korsel) mengatakan akhir bulan lalu bahwa dia tidak memiliki masalah kesehatan. Kemunculannya yang jarang juga membuat isu kudeta merebak di Korut.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kim Jong Un Tak Pamerkan Rudal Balistik di HUT Korut


(tps/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading