Sudah Bisa Dipesan, Ini Deretan Mobil Listrik di GIIAS 2021!

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
15 November 2021 16:40
Hyundai Kona Electric di acara GIIAS 2021 (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kendaraan mobil listrik hingga hybrid sudah bisa dipesan di ajang GIIAS 2021 di BSD.  Pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, banyak Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) memamerkan varian mobil ramah lingkungan. Seperti Nissan, Hyundai, Mitsubishi, hingga Toyota.

Berikut penelusuran CNBC Indonesia, berikut mobil-mobil listrik maupun hybrid yang sudah bisa dipesan di pasar Indonesia di ajang GIIAS 2021:

Hyundai


Merek mobil asal Korea Selatan besar berinvestasi di Indonesia. Bahkan sudah berkomitmen memproduksi mobil listrik di pabriknya di GIIC Deltamas Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Dengan besaran sebanyak 1.000 unit EV per tahun mulai Maret 2022.

Hyundai agresif dalam menawarkan model mobil listrik dengan dua model, mulai dari Kona Electric dan Ioniq Electric. Dimana Hyundai Kona dibanderol dengan harga Rp 697 juga on the road (OTR) yang mengusung model cross over. Saat ini memang didatangkan secara impor.

Sementara Hyundai Ioniq yang bermodel sedan bertenaga full listrik ini dibanderol dengan harga Rp 624 - Rp 664 juta OTR. Dengan dua varian Prime dan Signature, juga empat pilihan warna.

Dua model ini menggunakan tenaga baterai lithium berkapasitas 38 kilowatt. Dengan kapasitas ini Hyundai sanggup menempuh perjalanan sampai 373 km saat kondisi penuh. Hyundai juga mengklaim sudah menggunakan teknologi fast charging, sehingga baterai Ionic bisa terisi 80% dalam waktu 54 menit.

Nissan

Mobil asal Jepang ini juga menawarkan dua lini mobil ramah lingkungan, yakni Nissan Leaf dan Kicks Nissan Kicks hadir mengisi pasar EV pada segmen crossover SUV yang berukuran compact. Dibanderol dengan harga Rp 449 juta OTR Jakarta.

Nissan kicks merupakan varian hybrid yang dijual Nissan dengan tenaga motor EM57 dan mesin HR12 3-silinder 1,2 liter. Hanya saja Nissan mengklaim penggerak roda mobil ini beda dengan mobil hybrid konvensional karena penggerak roda yang murni elektrik.

Sementara Nissan Leaf merupakan mobil listrik yang menggunakan sumber baterai 40 kWH. Diklaim dengan tenaga itu mobil ini mampu menempuh jarak 311 km atau lebih. Nissan Leaf dibanderol dengan harga Rp 649 - 679 juta OTR tergantung lokasi.

Toyota

Toyota Astra Motor (TAM) memperkenalkan crossover CH-R berpenggerak hybrid di Jakarta pada 2019 lalu. Mobil ini dibanderol dengan harga Rp 523 juta OTR Jakarta.

Penggerak listrik mengandalkan baterai NiMH alias nikel, beda dengan mobil listrik lainnya yang menggunakan lithium. Ada dua varian yang diberikan Toyota CHR hybrid, yakni CH-R 1,8 liter single tone dan 1,8 liter dual tone.

Mesin Toyota CHR ditengarai oleh 1798 cc 4 silinder, menghasilkan tenaga 97 horse power dengan torsi 142 Nm, dengan pilihan transmisi 7 kecepatan CVT.

Mitsubishi

Mobil asal Jepang ini juga menawarkan varian Outlander Plug In Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Mitsubishi ini dijual mulai dari Rp 890 juta - Rp 1,28 miliar juta OTR.

Diklaim teknologi PHEV ini praktis digunakan dan membuat konsumsi bahan bakar yang irit. Dapur pacu mobil ini menggunakan mekanis bawaan Outlander dengan unit 4B12 DOHC MIVEC dengan tenaga 2.400 cc.

Sebagai mobil hybrid mobil ini menggunakan dua penggerak utama. Di bagian depan menggunakan motor S 61 82 PS, dan roda belakang menggunakan Y61 96 PS. Sehingga seluruh drive train atau penggerak roda mencapai 236 horse power.

Di ajang GIIAS memang bertebaran berbagai mobil listrik lainnya seperti yang dipamerkan Wuling dan lainnya. Namun, semua masih bersifat konsep, belum diproduksi massal dan dipasarkan.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading