Xi Jinping dan Biden Segera Ketemuan, Mau Akur Nih?

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
15 November 2021 19:50
Xi Jinping & Joe Biden

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden China Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dijadwalkan akan bertemu pada Selasa, (16/11/2021). Pertemuan itu akan diadakan secara virtual.

Dalam agenda tersebut, kedua pemimpin negara adidaya ini memusatkan diskusi dalam beberapa hal termasuk perdagangan, teknologi, Xinjiang, dan terutama Taiwan. Khusus soal Taiwan, Beijing disebut-sebut meminta AS agar mundur dari dukungannya terhadap Taipei.

"Pertanyaan Taiwan adalah garis merah utama China", tulis editorial Global Times, sebuah tabloid yang diterbitkan oleh Partai Komunis China.


"Untuk mengurangi risiko tabrakan strategis antara China dan AS, yang terakhir harus mengambil langkah mundur dari pertanyaan Taiwan dan menunjukkan pengekangannya."

Kondisi di Selat Taiwan sendiri diketahui memanas. China beberapa kali mengirimkan ratusan jet tempurnya memasuki zona pertahanan udara Taiwan (ADIZ). Tercatat, ada 554 penerbangan jet China ke Taiwan dalam rentang waktu September 2020 hingga Oktober 2021.

Pemerintah Taiwan, yang didukung oleh AS, mengatakan bahwa masuknya jet tempur China ini sebagai strategi pelecehan yang direncanakan dengan hati-hati. Wilayah pulau itu mengatakan bahwa saat ini Negeri Panda telah menjadi fokus pertahanannya.

"Saat ini, PLA (tentara China) mampu melakukan blokade bersama lokal terhadap pelabuhan kritis, bandara, dan rute penerbangan keluar kami, untuk memutus jalur komunikasi udara dan laut kami dan berdampak pada aliran pasokan militer dan sumber daya logistik kami," papar Kementerian Pertahanan Taiwan dikutip Channel News Asia.

Bahkan, Menteri Pertahanan Taiwan Chiu Kuo-cheng memberikan sinyal mengenai invasi Beijing ke wilayah itu pada 2025 mendatang. Ia menyebut bahwa masuknya pesawat milik China itu merupakan tanda-tanda yang jelas mengenai invasi.

"Ini adalah situasi terberat yang pernah saya lihat dalam lebih dari 40 tahun kehidupan militer saya," kata Chiu dalam sesi legislatif bulan lalu.


[Gambas:Video CNBC]

(tps/tps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading