Jokowi: Sirkuit Mandalika Siap Gelar Ajang Kelas Dunia!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
12 November 2021 15:16
Jokowi resmikan sirkuit Mandalika, Lombok, Jumat (12/11/2021). (Dok: Biro Sekpres RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini meresmikan Sirkuit Mandalika yang terletak di KEK Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dengan diresmikannya sirkuit sepanjang 4,3 kilometer tersebut, Jokowi meyakini bahwa ajang-ajang kelas dunia siap digelar di sirkuit yang menghabiskan biaya pembangunan hingga Rp 1,1 triliun tersebut.

"Semuanya siap digunakan untuk mendukung penyelenggaraan event-event kelas dunia di Kawasan Mandalika ini seperti yang sebentar lagi akan diselenggarakan yaitu World Superbike 2021 dan dilanjutkan nantinya di bulan Maret 2022 dengan MotoGP," kata Jokowi, Jumat (12/11/2021).


Bersamaan dengan peresmian Sirkuit Mandalika, Jokowi juga meresmikan jalan bypass yang menghubungkan Bandara Internasional Lombok (BIL) dengan KEK Mandalika.

Jalan sepanjang 17,3 kilometer terebut telah siap digunakan dan dipercaya akan memangkas waktu tempuh antara bandara dengan KEK Mandalika.

"Sehingga jarak tempuh antara bandara dengan Mandalika hanya 15 menit saja," ungkpnya.

Jokowi lantas mengingatkan agar pelaksanaan ajang internasional di Sirkuit Mandalika tetap memerhatikan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

"Sekali lagi, protokol kesehatan ketat dan saya sudah memerintahkan untuk juga didampingi oleh Satgas sehingga tata kelola setiap event itu terus dijaga protokol kesehatannya," jelasnya.

Jokowi berharap Sirkuit Mandalika juga dapat memunculkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di Provinsi NTB. Perhelatan internasional seperti World Superbike dan MotoGP diyakini akan memberi dampak signifikan bagi pertumbuhan ekonomi di daerah.

"Saya kira ini sebuah perhelatan besar yang setiap tahun terus akan diadakan di Sirkuit Mandalika dan itu dipastikan akan memberikan dampak pertumbuhan ekonomi di Provinsi NTB," ungkapnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Cerita Jokowi Jajal Sirkuit Mandalika: Saya Gak Berani Ngebut


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading