Heboh Kabar Bandara Halim Ditutup, Begini Faktanya

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
05 November 2021 17:45
Banjir Bandara Halim

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Perhubungan berencana melakukan perbaikan atau merevitalisasi Bandara Udara Halim Perdanakusuma (HLP) Jakarta. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan faktor penerbangan dan keselamatan penerbangan.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan Novie Riyanto, mengatakan saat ini tengah melakukan pembahasan intensif dengan Kementerian Pertahanan, TNI Angkatan Udara, Kementerian Keuangan, Angkasa Pura II, serta pemangku kepentingan lainnya.

"Kami sedang siapkan desain sisi udara seperti rekonstruksi runway dan perbaikan sistem drainase. Hal ini sedang kami bahas dengan berbagai pihak," jelasnya, dalam keterangan yang diterima CNBC Indonesia, Jumat (3/11/2021).


Novie menjelaskan saat ini berbagi hal yang harus dipersiapkan terkait dampak dari proses revitalisasi yang kurang lebih membutuhkan waktu kurang lebih satu tahun. Hal ini untuk memastikan keselamatan dan pelayanan terbaik yang dapat dipenuhi.

"Masih dalam pembahasan," jelasnya, saat ditanya mengenai kapan revitalisasi ini dilakukan dan dampaknya terhadap jadwal penerbangan di Halim.

Sebelumnya beredar kabar kalau Bandara Halim Perdanakusuma bakal ditutup. Melansir detikcom, hal ini terlihat dari hasil rapat Koordinasi Operasional Bandara yang dipimpin Executive General Manager Angkasa Pura II Marsma TNI Nandang Suarna pada hari Senin 1 November kemarin.

Dalam Salinan rapat itu dijelaskan rencana penutupan ini karena ada perbaikan di bandara dari bulan ini hingga sembilan bulan ke depan. Sehingga bandara harus mempersiapkan segala kemungkinan. Namun belum diputuskan apakah run way akan ditutup secara parsial atau total.

Bandara Soekarno Hatta, Banten disebut akan menerima ada rencana pengalihan reguler jet flight imbas penutupan Halim. Beberapa maskapai juga masih menunggu aturan teknis.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tak Ditutup, Bandara Halim Masih Tetap Beroperasi Normal


(Emir Yanwardhana/emy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading