Jreeeng.. Terungkap Skenario Endemik Covid-19 RI & New Normal

News - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
02 November 2021 11:45
Perawatan pasien di tenda darurat Instalasi Gawat Darurat (IGD) , RSUD tipe B Chasbullah Abdulmadjid, Kota Bekasi, Rabu (23/6/2021).  (CNBC INDONESIA/ANDREAN KRISTIANTO)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah dokumen resmi dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menunjukkan target terbaru pemerintah dalam penanganan Covid-19.

Kasus aktif Covid-19 sampai akhir Oktober 2021 tercatat turun signifikan dibandingkan pada Agustus 2021 lalu. Tercatat penurunannya hingga 96,80%.

Dalam dokumen tersebut tertuliskan Roadmap Pandemi menuju Endemi dan peran vaksinasi Covid-19 sampai akhir 2021.

Vaksinasi

Suplai vaksin pada periode Januari-Agustus 2021 tercatat mencapai 158,53 juta dosis. Kemudian akan hadir kembali pada September 80,3 juta dosis, Oktober 54,7 juta dosis, November 49,9 juta dosis dan Desember 50,5 juta dosis.

Di akhir 2021, ditargetkan 100% penduduk Indonesia sudah akan tervaksinasi dosis pertama hingga 100%.

3M 3T

Penerapan praktik 3T (Tracing, Testing, Treatment) dan perilaku 3M (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak) terus digencarkan dengan proses ke arah endemi.

Pada November 2021 ini, diharapkan 100% penduduk juga sudah menerapkan 3M dengan tingkatan testing akan mencapai 190.000 per hari. Tracing dilakukan kepada 15 orang yang terkena kontak langsung jika ada yang positif Covid-19. Sementara Rasio BOR atau Bed Occupancy Rate diarahkan di bawah 30%.

Sementara nanti di Desember 2021, 3M dan 3T tetap dengan mekanisme di November ini dengan harapan BOR juga ditekan ke bawah 20%.

Aktivitas Ekonomi

Aktivitas ekonomi secara bertahap dilonggarkan dari retail, mal, sampai resto sudah akan buka hingga waktu yang ditentukan dimulai pada September hingga Desember 2021.

Sementara industri sudah bisa beroperasi 100%.

Akhir Target Pandemi

Pemerintah merilis pandemic control strategy di mana dibagi menjadi dua yakni Upstream (Preventive) dan Downsream (Curative).

Upstream terdiri atas :
-Vaksinasi 2,5 juta per hari
-Disiplin 3M
-Tesing - Tracing + Care Protect Screening
-Isolasi yang tersentralisasi
-Aktivasi PPKM per level selama dibutuhkan

Sementara untuk Downstream terdiri atas upaya :
-Penguatan kapasitas rumah sakit
-Penambahan Nakes
-Mengamankan pasokan oksigen hingga obat-obatan

Pemerintah mengupayakan akhir target pandemi ada di kuartal IV-2021 ini. Dengan syaratnya fatality rate atau tingkat kematian kurang lebih di 2% serta kasus aktif di bawah 100.000.

Pandemi New NormalFoto: Dok. Ist
Pandemi New Normal



Sementara tingkat positivity rate akan berada di bawah 5% dengan kasus baru penambahannya terkendali di angka 5.000.

"Upaya penguatan kapasitas respons di-hilir perlu ditingkatkan didukung dengan penguatan upaya hulu untuk memastikan lonjakan kasus yang dialami tidak membebani kapasitas yang ada," tulis dokumen tersebut.

"Pemetaan kapasitas yang dimiliki masing-masing daerah saat ini dan perkiraannya perlu diantisipasi untuk menangani lonjakan kasus yang maksimal (menggunakan asumsi gelombang puncak delta sebagai acuan)."

Dengan target tersebut jika dipenuhi maka pemerintah siap memutuskan Covid-19 New Normal dengan Kondisi Endemik.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Covid-19 Bakal Jadi Endemi, Ini Kata Dirut BPJS Kesehatan


(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading