Aksi Sri Mulyani Rayu Bos Amazon Buat Investasi di RI

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
02 November 2021 08:20
Menteri Keuangan Sri Mulyani Bertemu Jeff Bezos. (Tangkapan Layar Instagram @smindrawati)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati baru saja bertemu dengan orang terkaya nomor dua di dunia, yakni Jeffrey Preston Bezos atau dikenal dengan Jeff Bezos. Pertemuan berlangsung di Glasgow, Skotlandia.

Pertemuan ini dilakukan keduanya disela menghadiri sejumlah agenda Konferensi Tingkat Tinggi Conference of the Parties ke-26 (COP26) yang berlangsung hingga sepekan kemudian.


Bendahara ini mengatakan, pertemuan ini membahas rencana untuk mengurangi emisi sebagai mitigasi perubahan iklim yang menjadi ancaman nyata tidak hanya bagi Indonesia, tapi seluruh negara di dunia.

"Mewakili Presiden menerima CEO Amazon, membahas arah investasi di Indonesia di bidang renewable energy dan manufaktur solar," tulis Sri Mulyani melalui instagram pribadinya, Senin (2/11/2021).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Bertemu Jeff Bezos. (Tangkapan Layar Instagram @smindrawati)Foto: Menteri Keuangan Sri Mulyani Bertemu Jeff Bezos. (Tangkapan Layar Instagram @smindrawati)
Menteri Keuangan Sri Mulyani Bertemu Jeff Bezos. (Tangkapan Layar Instagram @smindrawati)

Ia menyebutkan Indonesia mempunyai potensi yang besar untuk energi terbarukan, sehingga sangat bisa membantu menurunkan target emisi karbon dunia.

"Indonesia memiliki berbagai potensi sumber daya renewable, dan dunia berupaya mengurangi emisi karbon dan efek rumah kaca untuk menghindari perubahan iklim," kata dia.

Namun, untuk menciptakan energi terbarukan ini dan mengurangi emisi karbon, Indonesia membutuhkan bantuan pembiayaan dari negara lain dan juga pihak swasta. Ini untuk mewujudkan penurunan emisi karbon di Indonesia hingga 41% di tahun 2030.

"Peranan swasta dalam negeri dan global sangat penting dalam keberhasilan upaya tersebut," jelasnya.

Sebagai informasi, saat Jeff Bezos tercatat sebagai orang terkaya nomor dua di dunia setelah Elon Musk yang berada di posisi pertama. Berdasarkan Forbes, saat ini kekayaan pendiri Amazon ini mencapai US$ 195,9 miliar atau setara Rp 2.781,78 triliun.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading