Kasus Covid-19 di 131 Kab/Kota Naik, Pantas Jokowi Gelisah!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
01 November 2021 13:25
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy (Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu tak ragu menyampaikan gelisahannya perihal tingkat kepatuhan masyarakat yang mengalami penurunan.

Dalam rapat evaluasi pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) hari ini, kembali terungkap bahwa ada ratusan kabupaten kota yang sedang mengalami trend kenaikan kasus Covid-19

"Ada sekitar 131 kabupaten kota yang alami trend kenaikan," kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy usai rapat koordinasi evaluasi PPKM, Senin (1/11/2021).


Muhadjir mengatakan, secara agregat memang rasio penularan virus udah turun. Namun, masih ada beberapa kabupaten kota yang mengalami kenaikan.

Muhadjir menekankan bahwa Bali akan menjadi perhatian khusus karena sepanjang tahun ini digelar sejumlah acara besar berskala internasional yang mengundang pimpinan negara sahabat.

"Akan ada uji coba untuk acara internasional di Bali oleh Kementerian Kesehatan supaya pimpinan daerah mengantisipasi langkah yang diperlukan jika di daerah dilaksanakan acara internasional," tegasnya.

Trend kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia memang bukan kali ini saja terjadi. Beberapa waktu lalu, Jokowi pernah mengungkap fakta kenaikan kasus Covid-19 meskipun dalam jumlah sedikit.

Berdasarkan catatan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 saat itu, Jokowi menemukan fakta ada 105 kabupaten kota di 30 provinsi yang angka kasus positifnya naik.

"Meskipun sekali lagi, meskipun sedikit tapi tetap ini harus diwaspadai. Ada 105 kabupaten dan kota," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

PPKM Selesai Hari Ini, Diperpanjang Sampai Akhir Tahun?


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading