PPKM Jawa Bali Berakhir Hari Ini, Apakah Diperpanjang?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
15 November 2021 10:59
Infografis/PPKM_Konten/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Masa pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa - Bali yang dimulai sejak 2 November lalu berakhir pada hari ini, Senin (15/11/2021).

Sementara itu, PPKM luar Jawa - Bali berakhir satu minggu setelahnya, atau 22 November 2021. Hingga saat ini, belum ada kejelasan apakah PPKM Jawa Bali akan diperpanjang atau tidak.

Namun, mengacu pada pernyataan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, sepertinya PPKM akan kembali diperpanjang.


Pada pertengahan tahun, Luhut pernah menyebutkan bahwa PPKM akan terus diberlakukan selama pandemi Covid-19 masih ada. Namun, bukan berarti pemerintah akan terus memperketat mobilitas warga.

Sejauh ini, sejumlah kabupaten/kota memang dikategorikan berdasarkan level 1-4 berdasarkan indikator penilaian yang ditetapkan oleh pemerintah.

Indikator yang dimaksud seperti jumlah kasus Covid-19 di suatu daerah, angka kematian dan kesembuhan, testing dan tracing, tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit, hingga capaian vaksinasi di tiap daerah.

Seperti biasanya, pemerintah akan kembali menggelar evaluasi pelaksanaan PPKM. Rapat akan langsung dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada siang ini.

Dalam dua pekan terakhir, sejumlah kabupaten kota di seluruh Jawa Bali memang turun ke level 1, terutama di sejumlah wilayah aglomerasi seperti DKI Jakarta, Tangerang, Hingga Bekasi.

Pemerintah juga melakukan berbagai relaksasi kebijakan seperti kegiatan sekolah tatap muka, kegiatan kerja di kantor, ketentuan pengunjung mal, hingga transportasi publik.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Aturan Lengkap Terbaru Perpanjangan PPKM Level 4


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading