Realisasi Investasi Asing Q3 Rp216 T, Terbanyak di Sektor ini

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
27 October 2021 12:45
Konferensi Pers Realisasi Investasi Triwulan III 2021 oleh Menteri Investasi Bahlil Lahadalia

Jakarta, CNBC Indonesia - Realisasi investasi asing di Indonesia pada kuartal III-2021 mencapai Rp 216,7 triliun.

Jika ditinjau dari sisi sektor, perumahan, kawasan industri dan perkantoran mencatatkan angka penanaman modal yang paling banyak sebesar Rp 28,1 triliun atau dengan porsi 13%. Kemudian adalah sektor transportasi, gudang dan telekomunikasi sebesar Rp 26,6 triliun atau sebesar 12,3%.

Khusus untuk sektor telekomunikasi, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia mengungkapkan latar belakang di balik besarnya investasi di sektor itu.



"Kita sedang banyak bangun data center dan beberapa infrastruktur telekomunikasi sebagai bentuk pemerintah mendorong daerah terpencil mendapatkan akses telekomunikasi," katanya dalam konferensi pers, Rabu (27/10/2021).

Kemudian sektor industri logam dasar sebesar Rp 25,1 triliun atau sebesar 11%, pertambangan Rp 21 triliun atau 9,7%, dan jasa lainnya Rp 19,4 triliun atau 8,9%.

"Mudah-mudahan ke depan hilirasi bisa mendorong transformasi ekonomi," jelasnya.

Bahlil juga mengatakan, lokasi investasi paling banyak merentang dari Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Jawa Timur. Selanjutnya provinsi Riau dan Banten juga menjadi lokasi yang banyak dipilih oleh investor.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading