Tingkatkan Keterbukaan Infomasi, HK Raih 'Menuju Informatif'

News - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
26 October 2021 19:15
Hutama Karya

Jakarta, CNBC Indonesia - Melalui peningkatan Layanan Keterbukaan Infomasi Publik, pada hari Selasa (26/10/2021) Hutama Karya memperoleh kategori 'Menuju Informatif' dengan perolehan nilai 85,77 dalam ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat (KIP).

Penghargaan ini merupakan bentuk komitmen Hutama Karya untuk mendukung aturan Pemerintah dalam transparansi informasi untuk lebih mudah diakses oleh publik.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo, menyampaikan bahwa untuk meraih kategori tersebut, Hutama Karya telah melalui serangkaian tahapan dalam kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat tahun 2021 pada Juni hingga Oktober.


"Proses monev yang kami lalui mulai dari pengisian kuesioner, penyiapan video, hingga presentasi oleh masing-masing badan publik. Di tahun 2021, Hutama Karya mampu memperoleh hasil yang baik, meningkat 25,19 poin sehingga naik satu peringkat dibanding tahun 2020 yaitu 60,58 dengan kategori Cukup Informatif," ujar Tjahjo dalam keterangan tertulis, Selasa (26/10/2021).

Lebih lanjut, Tjahjo menyampaikan bahwa dalam 2 tahun terakhir, HK berkomitmen untuk dapat melayani kebutuhan informasi dari seluruh stakeholder termasuk masyarakat, apalagi saat ini perusahaan sedang menggarap berbagai proyek strategis nasional (PSN) termasuk Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

"Kami memiliki tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi mengenai proyek-proyek yang sedang kami garap, tentunya dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku. Dengan diraihnya penghargaan ini, diharapkan dapat menjadi semangat bagi Hutama Karya untuk terus memberikan pelayanan terbaik dalam menyediakan informasi sebagai nilai tambah perusahaan dan terus berkomitmen dalam implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik," pungkas Tjahjo.

Sebagai informasi, Anugerah Keterbukaan Informasi Publik merupakan sebuah ajang yang bertujuan untuk memberikan ruang access to information sebagai right to information pada semua lapisan masyarakat dan menjadi warning system bagi Badan Publik untuk tetap melaksanakan obligation to tell kepada masyarakat secara aktif maupun pasif.


[Gambas:Video CNBC]

(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading