Biaya Transfer Antarbank Turun! Simak Daftar Lengkapnya

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
25 October 2021 10:52
Bank BRI (Ist)

Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan akan segera meluncurkan BI-FAST pada Desember 2021. Pada tahap pertama atau Batch 1 ini, BI sudah menetapkan 22 peserta perbankan.

Lewat BI Fast nasabah perbankan nantinya bisa melakukan transfer maksimum hingga Rp 250 juta secara real time dengan tarif Rp 2.500. Untuk diketahui, BI-FAST adalah infrastruktur Sistem Pembayaran ritel nasional yang dapat memfasilitasi pembayaran ritel secara real-time.

Perry mengungkapkan kepesertaan BI-FAST terbuka bagi bank, lembaga selain bank, dan pihak lain sepanjang memenuhi kriteria umum dan khusus yang telah ditetapkan.


BI telah menetapkan empat kebijakan kepesertaan BI-FAST. Kriteria umum kepesertaan mencakup pemenuhan aspek kelembagaan, aspek kinerja keuangan, dan aspek kapabilitas sistem informasi.

Terdapat pula adanya kriteria khusus 3C, yaitu Contribution (Kontribusi terhadap EKD), Capability (kemampuan permodalan dan likuiditas), dan Collaboration (dukungan terhadap kebijakan BI kedepan).

Peserta juga harus memenuhi kriteria Champion in Readiness yang antar lain diukur dari kesiapan people, process, technology, serta kesiapan sebagai pengelola dana.

"Bank Indonesia menetapkan 22 calon Peserta Batch 1 pada minggu kedua Desember 2021 dan peserta Batch 2 pada minggu keempat Januari 2022," jelas Perry akhir pekan lalu

Pada tahap awal difokuskan untuk layanan transfer kredit individual. BI-FAST dibangun untuk mendukung konsolidasi industri dan integrasi Ekonomi dan Keuangan Digital (EKD) nasional secara end-to-end. Selanjutnya, layanan BI-FAST akan diperluas secara bertahap mencakup layanan bulk credit, direct debit, dan request for payment.

Perry berharap, seluruh industri perbankan dan non perbankan bisa ikut dalam menyukseskan BI-FAST ini. Kendati demikian, BI menyerahkan sepenuhnya kepada calon peserta, dengan menyesuaikan kesiapannya.

Kepesertaan BI-FAST terbuka bagi industri sistem pembayaran baik bank maupunLSB dan pihak lainnya, sepanjang memenuhi kriteria yang ditetapkan.

Halaman Selanjutnya >>> Deretan Bank yang Layani BI-Fast

Deretan Bank yang Layani BI-Fast
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading