Internasional

Covid China 'Bangkit dari Kubur', Pejabat Xi Jinping Warning

News - sef, CNBC Indonesia
25 October 2021 06:40
Commuters wear face masks to protect against the spread of new coronavirus as they walk through a subway station in Beijing, Thursday, April 9, 2020. China's National Health Commission on Thursday reported dozens of new COVID-19 cases, including most of which it says are imported infections in recent arrivals from abroad and two

Jakarta, CNBC Indonesia - China kembali kemasukan Covid-19. Kemarin, pemerintah bahkan memberikan peringatan akan gelombang terbaru corona ini.

Mengutip Reuters, pejabat kesehatan pemerintahan Xi Jinping, mengatakan wabah Covid-19 terbaru kemungkinan akan semakin menyebar lebih jauh. Selama seminggu terakhir, ada 11 wilayah provinsi kemasukan Covid-19 dengan total 100 kasus infeksi.


"Ada peningkatan risiko bahwa wabah mungkin menyebar lebih jauh karena faktor musiman.," kata Juru Bicara Komisi Kesehatan Nasional China, Mi Feng, berbicara ke wartawan, Minggu (24/10/2021).

Hal senada juga dikatakan wakil direktur komisi itu Wu Liangyou. Varian Delta menyebabkan wabah sangat menular.

"Urutannya menunjukkan ini berbeda dari sumber sebelumnya dan kasus baru berasal dari sumber baru di luar negeri," katanya.

Sebenarnya, pekan ini, kasus kembali merajalela kembali di China pasca ditemukannya Covid-19 di sebuah kelompok wisata. Awal mula kasus ditemukan pada pasangan manula yang ikut dalam kelompok wisata itu.

Kelompok ini melakukan perjalanan dari Shanghai lalu ke kota Xi'an di Provinsi Gansu dan ke Mongolia Dalam.Puluhan kasus pun ditemukan terkait perjalanan itu dan melibatkan 12 grup wisata lainnya.

Pemerintah daerah di mana kasus terdeteksi sudah melakukan penerbangan. Pemerintah setempat juga dikabarkan menutup lokasi wisata, sekolah dan tempat hiburan di daerah yang terkena dampak.

Komplek perumahan terkait juga di-lockdown pemerintah setempat. Beijing dikabarkan melakukan pembatasan ketat pada perjalanan ke kota-kota bahkan dengan satu infeksi saja.

China sebagian besar telah menahan virus tetapi bertekad untuk membasmi wabah lokal sporadis, terutama menjelang Olimpiade Musim Dingin 2022 pada bulan Februari.

Mengutip Worldometers, kemarin China mencatat 43 kasus baru. Saat ini total kasus Covid-19 aktif di negeri itu menjadi 564.

Sejak pandemi menyebar di Wuhan tahun 2019, China mencatat 96.758 kasus dengan 4.636 kematian. China sendiri kini menggenjot booster vaksin untuk menghalau Delta.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Alamak! Covid China 'Pecah Telor' Terus, Tembus 143 Kasus


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading