Makin Lengket, Rusia-China Gelar Patroli Gabungan di Pasifik

News - Wilda Asmarini, CNBC Indonesia
24 October 2021 06:40
Kapal perang Admiral Makarov milik Angkatan Laut Rusia. (Kementerian Pertahanan Rusia)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kapal perang Rusia dan China mengadakan patroli bersama pertama mereka di bagian barat Samudra Pasifik pada 17-23 Oktober, kata Kementerian Pertahanan Rusia dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu (24/10/2021).

Melansir Reuters, Minggu (24/10/2021), Moskow dan Beijing, yang menggelar latihan kerja sama angkatan laut di Laut Jepang pada awal Oktober, telah mengembangkan hubungan militer dan diplomatik yang lebih erat dalam beberapa tahun terakhir di saat hubungan mereka dengan Barat memburuk.

Manuver angkatan laut telah diawasi ketat oleh Jepang yang mengatakan awal pekan ini bahwa sekelompok 10 kapal dari China dan Rusia berlayar melalui Selat Tsugaru yang memisahkan pulau utama Jepang dan pulau utara Hokkaido.


"Kelompok kapal melewati Selat Tsugaru untuk pertama kalinya sebagai bagian dari patroli," kata Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyataan itu. Selat tersebut dianggap sebagai perairan internasional.

"Tugas patroli itu adalah mengibarkan bendera negara Rusia dan China, menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan Asia-Pasifik, dan menjaga subyek kegiatan ekonomi maritim kedua negara," tambah pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia, dilansir dari Reuters, Minggu (24/10/2021).


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading