Internasional

Awas Panas! Biden Beri Pesan Terbaru ke China soal Taiwan

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
22 October 2021 13:45
Joe Biden (AP/Patrick Semansky)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menegaskan akan pasang badan jika Taiwan diserang China. Ia mengungkapkan AS sudah berkomitmen soal itu.

"Ya" katanya kepada wartawan dalam konferensi pers terbarunya di Gedung Putih, Kamis (22/10/2021) waktu setempat. "Kami memiliki komitmen untuk itu."


Hal ini bukan pertama kalinya dilakukan Biden. Ia membuat pernyataan serupa saat wawancara Agustus lalu dengan media ABC.

Ia menegaskan AS pasti akan membela sekutu kunci, termasuk Taiwan. Ia menyebutnya "Komitmen Suci" untuk membela sekutu NATO seperti Kanada dan Eropa, seperti juga Jepang, Korea Selatan dan Taiwan.

Belum ada komentar resmi dari China soal ini. Namun beberapa kali China yang menganggap Taiwan bagian dari provinsinya kerap memprotes sejumlah tindakan Barat ke pulau itu.

Dalam sebuah komentar, Pemimpin China Xi Jinping juga memastikan reunifikasi kedua wilayah pasti akan terealisasi. Ia bahkan mengingatkan jangan ada campur tangan asing.

"Reunifikasi lengkap negara kita akan dan dapat direalisasikan," kata Xi dikutip dari AFP dua pekan lalu.

Awal Oktober, China pernah mengirimkan 150 jet tempur menyerbu zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ). Ini merupakan terbesar sepanjang sejarah konflik keduanya.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading