Naik Rantis, Jokowi Resmikan Jembatan Lengkung Pertama di RI

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
21 October 2021 17:20
Peresmian Jembatan Sei Alalak, Banjarmasin, Kamis (21/10/2021).

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama jajarannya pada sore ini meresmikan jembatan Sei Alalak yang terletak di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (21/10/2021).

Berbicara di sela peresmian, Jokowi mengatakan jembatan lengkung gantung pertama di Indonesia itu dibangun dengan teknologi tinggi dan tahan gempa serta diperkirakan mampu bertahan sampai 100 tahun.

"Insya Allah sampai 100 tahun," kata Jokowi di lokasi peresmian.


Peresmian Jembatan Sei Alalak, Banjarmasin, Kamis (21/10/2021).Foto: Peresmian Jembatan Sei Alalak, Banjarmasin, Kamis (21/10/2021).
Peresmian Jembatan Sei Alalak, Banjarmasin, Kamis (21/10/2021).

Eks Gubernur DKI Jakarta tersebut mengatakan jembatan ini akan berperan sebagai jalur utama akses kota Banjarmasin dengan berbagai wilayah di yang tersebar di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

"Sekaligus juga mengatasi kemacetan," kata Jokowi

Jembatan ini memiliki panjang 580 meter, dan dibangun dengan dana mencapai Rp 278 miliar. Jokowi sendiri memiliki harapan besar dari hadirnya jembatan ini.

"Saya berharap keadaan jembatan ini bisa memperkuat konektivitas antar wilayah di Kalimantan Selatan, memperlancar arus transportasi antar daerah, mengefisienkan biaya logistik dan mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah sekitarnya," katanya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi Lagi Siapkan Proyek Jembatan Belah Laut Sebelum 2024


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading