West Java Investment Summit

Ridwan Kamil: The Future of West Java, Rebana!

News - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
21 October 2021 11:25
THE 3rd WEST JAVA INVESTMENT SUMMIT 2021. (Dok: Humas Jabar)

Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuka gelaran 3rd West Java Investment Summit 2021. Salah satu yang bakal ditawarkan ke investor adalah 'Rebana'.

Rebana Metropolitan ini merupakan wilayah utara/timur laut Provinsi Jabar yang meliputi tujuh daerah, yakni Kabupaten Sumedang, Majalengka, Cirebon, Subang, Indramayu, dan Kuningan, serta Kota Cirebon.

"Akan ada 30 kota baru, dan akan created 5 juta lapangan pekerjaan di proyek Rebana," kata Ridwan Kamil, Kamis (21/10/2021).

Ia mengatakan, Rebana ini akan ditawarkan ke investor di Abu Dhabi. Di mana, menurut Ridwan Kamil, pengembangan Rebana bisa diperoleh dari investor asal Timur Tengah.

"Kita akan membuat aerocity di Rebana yang cukup High Tech," katanya.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Barat Noneng Komara mengatakan seiring dengan terbitnya Perpres No 87 Tahun 2021 tentang percepatan pembangunan kawasan Rebana dan Jabar bagian selatan, membawa angin segar bagi investor untuk menanamkan modalnya di dua wilayah tersebut.

"Untuk Rebana dan Jabar bagian selatan juga perlu ada investasi sebanyak Rp 392 triliun, jadi total yang kita kawal itu hampir dari Rp 717 triliun, tentu bukan untuk setahun realisasi investasinya, tapi beberapa tahun," ujar Noneng.

WJIS 2021 sendiri mengambil tema "Navigating Post Covid World: Investment Growth For Resilient West Java. Tema ini berangkat dari kondisi dimana seluruh sumber perekonomian Jawa Barat terganggu oleh adanya pandemi COVID-19.

"Kita harapkan investasi bisa menjadi salah satu jalan keluar sekaligus menyongsong kondisi ekonomi pasca pandemi. Kita juga menunjukkan ketangguhan investasi di Indonesia, bahwa Jawa Barat investasinya mash tangguh," ujarnya.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Depok Hingga Bekasi, Ini 5 Wilayah 'Scary' Covid-19 Jabar


(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading