Warga DKI Waspada! Ada Cuaca Ekstrem 2 Hari ke Depan

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
18 October 2021 18:15
Banjir rob di kawasan Muara Baru, Jakarta Utara, Kamis, (27/5/2021). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengingatkan kepada setiap warga Ibu Kota untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang terjadi selama dua hari ke depan.

Mengutip laman media sosial BPBD DKI Jakarta, Senin (18/10/2021), berdasarkan prakiraan cuaca berbasis dampak hujan lebat di Indonesia bagian barat, terdapat potensi hujan lebat dengan dampak banjir/bandang dengan status waspada.

"Waspada cuaca ekstrem di DKI Jakarta durasi 19 Oktober 2021 pukul 07:00 WIB s/d 20 Oktober 2021 pukul 07:00 WIB," tulis BPBD, Senin (18/10/2021).


Masyarakat diimbau agar tetap berhati-hati terhadap potensi terjadinya cuaca ekstrem seperti hujan secara sporadis, lebat dan durasi singkat, disertai petir dan angin kencang, bahkan hujan es.

BPBD dki jakartaFoto: BPBD dki jakarta
BPBD dki jakarta

Situasi ini dapat berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi.

"Warga diimbau untuk meningkatkan kesiapsiagaan, salah satunya dengan membaca buku "Panduan Kesiapsiagaan Menghadapi Banjir bagi Masyarakat" melalui link https://tiny.cc/bukusakusiagabanjir," tulis BPBD.

Jika terjadi keadaan darurat dapat menghubungi Call Center 112. Laporkan bila ditemukan genangan/ banjir melalui aplikasi JAKI dan peta bencana.

"Selain itu, kami akan membagikan peringatan dini melalui media sosial BPBD DKI Jakarta & Aplikasi JAKI,"


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Molor! Proyek Bendungan Anti Banjir DKI Kelar Akhir Tahun


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading