Bali Hingga Bengkulu Diguncang Gempa Pagi Ini!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
16 October 2021 07:10
BMKG

Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan terjadi gempa di Kaur, Bengkulu dengan magnitudo 5,0 pada Sabtu (16/10/2021) pada pagi ini pukul 06:17 WIB.

Melalui akun Twitter resmi BMKG, seperti dikutip CNBC Indonesia, Sabtu (16/10/2021), titik lokasi gempa berada di 4,92 lintang selatan, 102.95 bujur timur.

"Pusat gempa berada di laut 46 km Barat Daya Kaur," tulis BMKG.


Pusat gempa berada di kedalaman 17 km, dan dirasakan di Liwa, Kepahiang, dan Pagar Alam dengan tanda II III. BMKG menegaskan gempa ini tidak berpotensi tsunami

Sebelumnya dini hari tadi, gempa dengan magnitudo 4,8 juga sempat terjadi di Karangasem, Bali pada pukul 03:18 WIB. Titik lokasinya berada di 8,32 lintang selatan, 1115,45 bujur timur.

BMKG melaporkan bahwa pusat gempa berada di kedalaman 10 km, dan dirasakan juga di Denpasar, Lombok, sampai dengan Mataram. Hingga saat ini belum ada informasi apakah ada kerusakan akibat gempa ini.

"Dirasakan (MMI) IV Denpasar, IV Karangasem, IV Lombok Utara, III Lombok Timur, III Lombok Barat, III Lombok Tengah, III Mataram,"

Sebagai informasi, III MMI menandakan bahwa getaran dirasakan nyata dalam rumah dan getaran terasa seakan-akan ada truk berlalu. Sementara IV MMI, artinya dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pasca Gempa Bumi Sulteng M6,3, Waspada Gempa Susulan


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading