Internasional

Thanks Erdogan! Turki Bakal Bebas Visa untuk WNI

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
14 October 2021 11:07
Sholat Jumat di Hagia Sophia. AP/Yasin Akgul

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Turki dilaporkan akan memberikan kebijakan bebas visa kepada warga negara Indonesia (WNI) yang ingin berkunjung ke negaranya. Hal ini disampaikan langsung kepada Menlu RI Retno Marsudi pasca kunjungannya ke Ankara, 11-12 Oktober 2021.

Dalam rilis resmi Kemlu Ri, Menlu Turki Mevlüt Çavuşoğlu mengatakan mereka berupaya untuk mengimplementasikan kebijakan ini secepatnya. "Kebijakan ini akan berlaku dalam waktu dekat. Jika sudah ada keputusan kapan akan mulai diberlakukan, kami akan sampaikan kepada publik," kata Kemlu RI dalam rilisnya dikutip Kamis (14/10/2021).


Sejauh ini, WNI yang ingin berkunjung ke Turki diharuskan untuk memiliki visa elektronik atau e-visa. E-Visa itu memberikan para pelancong asal Indonesia untuk dapat masuk hingga 30 hari.

Pengumuman pemberian visa dari Turki ini datang bersamaan saat Maroko, yang sebelumnya memberikan bebas visa untuk WNI, memutuskan untuk mencabut kembali kebijakan tersebut. Belum diketahui pasti mengapa pencabutan ini dilakukan.

"Diumumkan kepada seluruh WNI yang berencana melakukan perjalanan ke Maroko, untuk memproses permintaan Visa dari Kedutaan Besar Maroko sebagai syarat masuk ke Maroko yang mulai diberlakukan otoritas Maroko pada Jumat, 8 Oktober 2021," kata KBRI Maroko melalui unggahan di akun Instagram.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading