Gelar Coaching Clinic, HK Edukasi Pentingnya Endurance Sport

News - dob, CNBC Indonesia
09 October 2021 10:10
Dok: Hutama Karya

Jakarta, CNBC Indonesia - Gelaran HK Endurance Challenge 2021, salah satu sport tourism event yang diinisiasi oleh PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dalam rangka membangkitkan geliat ekonomi dan pariwisata di Lombok, sudah semakin dekat.

Untuk memeriahkan kegiatan tersebut dan sebagai rangkaian pre event, Hutama Karya menyelenggarakan Coaching Clinic HK Endurance Challenge dengan tema: Endurance Sport to Boost Your Healthy Lifestyle. Digelar secara virtual melalui media zoom dan ditayangkan secara live melalui kanal YouTube Hutama Karya, Coaching Clinic HK Endurance Challenge yang diselenggarakan pada Rabu (15/9) menghadirkan Pocari Sweat Sport Science Expert dr. Adrian Purwadihardja, Triathlon Coach Wahyu Hidayat, dan salah satu peserta HK Endurance Challlenge Mahalia Pantja.

Dalam coaching clinic ini, Pocari Sweat Sport Science Expert dr. Adrian Purwadihardja menyampaikan beberapa manfaat bagi tubuh orang yang melakukan Endurance Sport.


"Banyak sekali manfaat yang diberikan endurance sport, mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki semuanya akan membaik, metabolisme meningkat, berkurangnya serangan jantung dan gangguan pembuluh darah termasuk stroke. Endurance sport tidak hanya bermanfaat bagi orang dewasa, bahkan anak-anak dapat melakukan latihan ini. Endurance sport juga memiliki manfaat lain, seperti pola pikir menjadi berkembang dan kemampuan berfikir menjadi lebih tajam," terang dr. Adrian.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa endurance sport ternyata bisa dilakukan oleh semua orang asalkan semuanya harus dipersiapkan, seperti kesehatan tubuh, mindset/keyakinan bahwa tubuh bisa melakukannya, serta harus melakukan training yang baik. Selain itu, Triathlon Coach Wahyu Hidayat menyampaikan bahwa dalam mengikuti event dengan skala besar seperti HK Endurance Challenge tentu diperlukan pula latihan yang matang.

"Endurance Sport adalah olahraga yang "cukup menderita", tetapi ketika kita mampu menyelesaikannya, kita mampu mengatasi latihan kita, atau kita mampu finish lebih baik dari sebelumnya, maka kita menjadi pemenang bagi kita sendiri," terang Wahyu Hidayat.

Ia juga menjelaskan bahwa Triathlon adalah satu cabang olahraga, bukan tiga cabang olahraga. Dimana berenang, bersepeda, dan berlari menjadi satu cabang olahraga dalam olahraga Triathlon tersebut. Kemudian Wahyu Hidayat menutup pemaparannya dengan berpesan bahwa untuk memulai Triathlon adalah dengan menjadikannya sebagai gaya hidup.

Ketua Umum HK Endurance Challenge 2021, Intan Zania menyampaikan bahwa coaching clinic yang telah diadakan ini merupakan pemanasan untuk para peserta ataupun masyarakat luas sebelum pelaksanaan event HK Endurance Challenge 2021. Lebih lanjut Intan menjelaskan bahwa Hutama Karya adalah perusahaan BUMN pertama di Indonesia yang mengadakan kegiatan bertemakan Endurance Challenge.

HK Endurance Challenge 2021 sendiri ini akan dilaksanakan di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pemilihan Lombok sebagai lokasi event ini merupakan bukti upaya Hutama Karya untuk memberikan manfaat bagi pertumbuhan ekonomi, serta untuk membangkitkan kembali semangat para pelaku usaha ditengah pandemi Covid-19 di Indonesia khususnya di wilayah yang berada dekat dengan proyek infrastruktur yang sedang digarap perusahaan, seperti Bendungan Meninting dan Perpanjangan Bandara Internasional Lombok.

HK Endurance Challenge 2021 yang terdiri atas serangkaian cabang olahraga, yaitu Renang antar pulau, Bersepeda, dan Lari yang dilakukan secara berkesinambungan dalam satu kesatuan waktu oleh setiap peserta ini merupakan race dengan total jarak tempuh yaitu 123 km, dengan garis start berada di Kepulauan Gili Air dan finish di Mandalika. Dalam penyelenggaraan event sport tourism ini para peserta dan tamu undangan akan disuguhkan dengan kebudayaan dari Pulau Lombok berupa pagelaran perahu dengan gendang Beleq yang akan memandu peserta berenang antar pulau.

Pelaksanaan dari event yang memadukan olahraga fisik, pariwisata, lingkungan dan pendidikan ini telah mendapat dukungan dari berbagai pihak mulai dari UMKM setempat hingga jajaran pemerintah, diantaranya yaitu dukungan dan ucapan terima kasih dari Gubernur Provinsi NTB serta Menteri BUMN yang juga berencana akan hadir pada penutupan acara HK Endurance Challenge 2021.

"Terdapat beberapa rangkaian kegiatan pre event yang sudah kita laksanakan dalam menyambut HK Endurance Challenge, diantaranya City Cycling: Jakarta Series, City Cycling: Bali Series, Instagram Live, dan juga kita akan mengadakan Open Water Swim pada 18 September lalu," ujar Intan. Lebih lanjut ia juga meminta dukungan dari berbagai pihak agar HK Endurance Challenge yang akan dilaksanakan pada 17 Oktober 2021 mendatang dapat berjalan dengan lancar. "Untuk HK Endurance Challenge di Lombok nanti akan diikuti oleh atlet professional. Hingga saat ini tercatat 18 negara dari 5 benua yang sudah terdaftar untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut," imbuh Intan.

Mandalika sebagai pusat lokasi kegiatan HK Endurance Challenge, pada bulan Maret 2022 juga akan diselenggarakan salah satu event internasional terbesar di Indonesia, yakni Moto GP Mandalika 2022, dan kegiatan HK Endurance Challenge: Lombok Series telah ditetapkan sebagai salah satu rangkaian kegiatan Pre Event dari event Moto GP Mandalika 2022 tersebut. Kegiatan HK Endurance Challenge ini juga didukung penuh oleh pemerintah pusat maupun daerah.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading