Ekonomi Dibuka Tol Makin Padat Kendaraan, Ini Buktinya

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
06 October 2021 20:08
Arus balik menuju Jakarta terpantau padat selama akhir pekan ini. PT Jasa Marga (Persero) mencatat, total volume lalin yang menuju Jakarta hari ini, Minggu (1/11/2020), naik 36,8% jika dibandingkan lalin saat normal.

Jakarta, CNBC Indonesia - Mobilitas masyarakat sudah kembali naik. Terlihat dari tol yang dimiliki PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatatkan volume lalu lintas harian (LHR) jalan tol naik 17% pada September 2021 jika dibandingkan bulan sebelumnya.

Pada bulan Agustus tol Jasa Marga mencatatkan 2,59 juta LHR, naik menjadi 3,03 juta LHR pada September 2021. Tapi Jika dibandingkan dengan LHR sebelum pandemi yakni Februari 2020, maka LHR di bulan September ini masih turun sebesar 7,9%.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru, mengatakan meningkatnya LHR di jalan tol Jasa Marga Group didorong oleh penurunan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat yang turun menjadi level 3 di wilayah Jawa dan Bali.


"Kami melihat tren peningkatan LHR yang selaras dengan penurunan level PPKM di sejumlah daerah cukup signifikan. Di bulan Juli saat diberlakukannya PPKM Darurat, LHR Jalan Tol Jasa Marga sempat turun hingga 43,9% dibandingkan dengan LHR sebelum pandemi," kata Heru dalam keterangan, Rabu (6/10/2021).

Adapun tiga ruas jalan tol Jasa Marga yang mencatatkan LHR yang tertinggi adalah, Tol Dalam Kota dengan 465 ribu kendaraan per hari, Jalan tol Jakarta - Cikampek dengan 425 ribu kendaraan per hari, dan tol Jagorawi dengan 381 ribu kendaraan per hari.

Ketua Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI), Kris Ade Sudiyono mengatakan traffic jalan tol dari lalu lintas harian sampai dengan bulan Agustus memang sudah melonjak 8%-10%, bahkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata harian di tahun 2020.

ATI juga mencatat performa LHR di September 2021 rata-rata lebih tinggi 15% dibandingkan tahun 2020, dan hanya 5% jika dibandingkan dengan rata-rata LHR sebelum pandemi di 2019.

"Kita berharap dapat menutup performansi tahun 2021 dengan capaian yang lebih baik," katanya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jalan Tol di RI Makin Canggih: Tembus Perut Bumi, Bawah Laut!


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading