Riset: Pencarian Properti di Depok Menurun, Bogor-Bekasi Naik

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
06 October 2021 16:17
Suasana proyek pembangunan perumahan di Depok, Jawa Barat, Rabu (17/2/2021). Harga hunian rumah masih menunjukkan kenaikan pada kuartal IV-2020 namun laju kenaikan melambat. (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Rumah.com merilis hasil survei terbaru perihal kecenderungan perihal pencarian properti di situs itu. Salah satu temuannya adalah pencarian menyebar keluar DKI Jakarta.

"Persentase pencarian properti di Jakarta Selatan, Jakarta Pusat dan Depok berkurang 3%-5% dibanding kuartal sebelumnya. Sebaliknya, pencarian di Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, dan Kota Bogor mengalami peningkatan 3-5% pada periode yang sama," tulis survei Rumah.com dalam keterangan resminya, Rabu (6/10/2021).

Seperti diketahui, semakin dekat dengan Jakarta, maka harga rumah pun bakal semakin tinggi. Keberadaan Kota Depok yang berbatasan langsung dengan DKI Jakarta menjadi penyebab banyak orang mulai mencari ke wilayah yang lebih jauh, seperti Bogor, baik kota dan kabupaten hingga Kabupaten Bekasi

"Perubahan tren ini mungkin terkait dengan situasi pandemi Covid-19 (WFH), selain karena pembangunan infrastruktur di wilayah penyokong Jakarta, serta penurunan dan stagnasi harga di kota/kabupaten tersebut," tulisnya.



Lebih lanjut, tren WFH yang sudah menjadi kenormalan baru membuat banyak orang mulai mencari hunian di luar Jabodetabek, yakni berdasarkan riset Rumah.com Consumer Sentiment Study H2 2021 yang melibatkan 1.031 responden dari seluruh Indonesia.

Dari riset ini menunjukkan lebih dari separuh atau sekitar 55% responden mengaku terpikir untuk mencari hunian di luar wilayah Jabodetabek jika bisa terus menjalani sistem kerja WFH atau remote working. Angka ini naik dibandingkan 53% pada semester sebelumnya.

"Wilayah-wilayah yang akan dipertimbangkan jika para pencari rumah bisa tinggal di luar Jabodetabek adalah Jawa Barat dinyatakan oleh 46% responden, Bali dinyatakan oleh 22% responden, Yogyakarta dinyatakan oleh 21% responden, Jawa Tengah dinyatakan oleh 16 % responden," tulisnya.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Orang Tajir Pondok Indah Cs Obral Rumah, Ternyata Susah Laku!


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading