Internasional

Duh! Gerombolan Jet Tempur China Masuki Wilayah Udara Taiwan

News - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
02 October 2021 10:45
Jet tempur China Chengdu J-20. (Wikimedia Commons)

Jakarta, CNBC Indonesia - Puluhan jet tempur milik China dilaporkan memasuki zona udara Taiwan pada Jumat (1/10/2021). Tak tanggung-tanggung, jumlahnya bahkan mencapai 38 unit.

Mengutip ABC News, Tentara Pembebasan Rakyat menerbangkan 25 jet tempur pada hari Jumat dalam manuver pertama, kemudian mengirim 13 pesawat tambahan malam itu. Kelompok pesawat itu termasuk termasuk 18 jet tempur J-16 dan dua pesawat bomber H-6


Penerjunan ini sendiri berkaitan dengan Hari Nasional China yang jatuh pada 1 Oktober, dimana hingga hari ini Beijing masih bersikukuh mengklaim bahwa Taiwan masih merupakan wilayah kedaulatannya.

"Taiwan mengerahkan pasukan patroli udara sebagai tanggapan dan melacak pesawat China pada sistem pertahanan udaranya," kata Kementerian Pertahanan pulau itu dalam sebuah pernyataan.

Ini merupakan momen kesekian kalinya pesawat Negeri Tirai Bambu memasuki wilayah Taiwan. Pekan lalu, China menerbangkan 24 jet tempur ke Taiwan setelah pulau itu mengumumkan akan mengajukan permohonan untuk bergabung dengan kelompok perdagangan Pasifik CPTPP yang juga akan diikuti China.

Ketegangan antara Taiwan dan China sendiri telah meningkat sejak Tsai Ing-Wen terpilih sebagai presiden pada tahun 2016. Tsai sendiri menolak untuk menerima prinsip satu-China yang membuat Beijing murka.

Meski begitu, Tsai terus menerus mendalami hubungan Taiwan dengan AS. Ini semakin membuat tekanan Beijing terhadap Taiwan semakin masif dilakukan.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading