Tunggu Diteken Jokowi, Pelindo I-IV Merger Hari Ini

News - Monica Wareza, CNBC Indonesia
01 October 2021 14:28
In this photo taken from video and shown at United Nations headquarters, Indonesia's President Joko Widodo remotely addresses the 76th session of the U.N. General Assembly in a pre-recorded message, Wednesday, Sept. 22, 2021. (UN Web TV via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Penggabungan perusahaan pelabuhan pelat merah, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I, II, III, dan IV akan berlangsung. Hari ini, Jumat (1/10/2021) akan menjadi hari yang penting, karena Peraturan Presiden (Perpres) mengenai penggabungan ini akan segera diteken Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Hari ini Insyaallah ini spesial buat Pelindo, hari ini yang mestinya Bapak Presiden menandatangani Perpres penggabungan Pelindo," kata Erick dalam sambutannya di perhelatan Dies Natalis Untirta, Jumat (1/10/2021).

Dia mengharapkan dengan adanya penggabungan ini, keempat perusahaan pelabuhan ini akan dapat menyeimbangkan pasar dengan infrastruktur yang sudah tersedia, salah satunya dengan menurunkan biaya logistik.


Selain itu, dengan penggabungan ini maka perusahaan ini akan menjadi nomor delapan terbesar di dunia.

Sebelumnya dalam sosialisasi merger yang dilakukan oleh seluruh Pelindo, Direktur Utama Pelindo I, Prasetyo, mengatakan penggabungan ini merupakan milestone perjalanan pelabuhan di Indonesia dan juga rencana strategis dari pemerintah selaku pemegang saham, untuk membuat layanan pelabuhan menjadi lebih baik

"Sehingga rencana ini akan berperan besar dalam pengembangan kepelabuhan nasional untuk kita lebih bisa bersaing dengan kompetitor dari mancanegara," kata dia dalam keterangan resminya, dikutip Jumat ini.

Sementara itu, Direktur Utama Pelindo II, Arif Suhartono, mengungkapkan penggabungan ini akan menciptakan integrasi keempat perusahaan sehingga tercipta konektivitas nasional dan standarisasi pelayanan Pelabuhan dan layanan logistik yang terintegrasi.

Dalam proses merger ini, nantinya Pelindo II akan bertindak sebagai surviving entity atau perusahaan penerima penggabungan. Setelah merger, nama perusahaan hasil penggabungan menjadi PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo.

Pascamerger, Pelindo akan membentuk empat klaster bisnis atau subholding untuk anak perusahaan-anak perusahaan yang dimiliki oleh Pelindo I-IV berdasarkan kategori bisnis. Keempat subholding tersebut adalah peti kemas, non peti kemas, logistik & hinterland development, dan marine, equipment, & port services.


[Gambas:Video CNBC]

(wed/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading