India Matikan Internet Demi Cegah Contek di Ujian Massal Guru

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
28 September 2021 20:32
Ilustrasi peretasan jaringan internet

Jakarta, CNBC Indonesia - Lebih dari 25 juta orang di negara bagian Rajasthan, India terpaksa harus menghadapi pembatasan internet Minggu (26/9/2021) lalu. Pasalnya pemerintah mematikan internet untuk mencegah kecurangan dalam ujian massal Tes Kelayakan Guru Rajasthan (REET).

Dilansir dari CNN International, ratusan ribu kandidat mengikuti ujian REET. Ini membuka jalan banyak orang untuk bekerja sebagai guru sekolah dasar atau menengah yang dikelola pemerintah.

Minat banyak orang membuat penyelenggara berusaha meminimalisir kecurangan yang sempat terjadi di masa lalu. Maka tidak heran pihak berwenang memerintahkan distrik untuk mengeluarkan pembatasan internet guna mencegah kebocoran informasi.


Dinesh Kumar Yadav, komisaris divisi Jaipur, mengatakan internet dimatikan dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore di distrik Jaipur.

"Ada begitu banyak kandidat ... kami hanya ingin memastikan (tidak ada kecurangan)," kata Yadav. "Orang-orang mencoba menipu tetapi kami menangkap banyak dari mereka. Tetapi karena internet dimatikan, kertas (tes) tidak bocor."

Dia menambahkan bahwa kandidat terkadang menggunakan berbagai jenis instrumen untuk mencoba menyontek, dan siswa lain "akan marah jika mereka tidak mendapatkan kesempatan yang adil".

Beberapa distrik besar lainnya, termasuk Alwar, Nagaur, Sikar dan Ajmer, juga memberlakukan penutupan internet sementara.

Tidak hanya mematikan akses internet, mereka juga memasang kamera CCTV di semua lokasi pengujian. Kandidat tidak diperbolehkan membawa masker sendiri dari luar; setelah sampai, mereka harus membuang masker yang dibawa, kemudian menggunakan masker yang disediakan di pusat pengujian.

Seluruh proses ujian, mulai dari pencetakan kertas ujian, hingga transportasinya, kemudian didistribusikan ke siswa di pusat pengujian, diawasi dengan ketat dan direkam dengan video. Setiap pekerja ujian atau pengawas yang terlibat dalam membocorkan kertas ujian akan segera dipecat, dan menghadapi kemungkinan tindakan hukum.

Ini bukan pertama kalinya Rajasthan menutup internet untuk mengekang kecurangan. Hal yang sama terjadi pada 2018 selama ujian polisi. Akibatnya industri perbankan dan logistik sempat lumpuh sementara.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading