Stok Tol-Tol Baru Berlimpah, Sampai 2024 Bermunculan

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
28 September 2021 17:30
Dok Jasa Marga

Jakarta, CNBC Indonesia - Ada beberapa jalan tol Jasa Marga yang ditargetkan beroperasi sampai tahun 2024 mendatang. Pembangunan jalan tol itu fokus di wilayah Pulau Jawa.

Engineering Planning Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Johannes Mancelly, mengatakan Jasa Marga memiliki hak konsesi jalan tol mencapai 1.603 km, sampai bulan Juni kemarin kurang lebih sudah 1.246 km yang beroperasi.

"Hak konsesi bertambah dari ruas Yogyakarta - Bawen," katanya dalam Webinar, Jasa Marga Learning Institute, Selasa (28/9/2021).


Johannes mengatakan saat ini anak usaha sedang mengupayakan pembuatan desain, dan mendukung pemerintah dalam pengadaan lahan. Sehingga proses konstruksi bisa dilakukan segera mungkin.

Sampai Juni kemarin beberapa ruas jalan tol yang sudah diselesaikan Jasa Marga mulai dari Bogor Ring Road seksi 3A, Cengkareng - Batuceper - Kunciran, Serpong - Pamulang, hingga Manggar - Samboja (Kalimantan).

Sementara hingga tahun 2024 kemarin ada lima ruas jalan tol yang ditargetkan beroperasi perusahaan jalan tol milik negara ini.

- Jogja - Bawen (75 km)

- Solo - Jogja - Kulonprogo (98 km)

- Gedebage - Garut - Tasikmalaya (95 km)

- Akses Patimban (37 km).

Dari pemberitaan sebelumnya Jasa Marga juga akan mengoperasikan dua ruas jalan tol pada akhir tahun ini. yakni Manado - Bitung ruas Danowudu - Bitung 26,35 km, dan seksi lanjutan tol Cinere - Serpong.

"Dari target pengoperasian jalan tol, kami berhasil mengoperasikan 4 ruas dari 5 yang ditargetkan tahun ini. Masih tersisa Manado - Bitung, akan ditargetkan pada akhir 2021," kata Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru Santoso, dalam Publik Expose Live 2021, Rabu (8/9/2021).

Dwi mengatakan untuk ruas tol Cinere Serpong seksi I Serpong - Pamulang sepanjang 6, 50 Km sudah beroperasi. Seksi lanjutnya yakni Cinere - Pamulang sepanjang 3 km akan dikejar pengoperasian pada akhir tahun ini juga.


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading