China Krisis Energi, Listrik Mati 8 Kali Sehari!

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
28 September 2021 15:20
Ilustrasi bendera China. AP/

Jakarta, CNBC Indonesia - Krisis listrik parah mengguncang wilayah China. Setidaknya 17 provinsi dan wilayah telah terjadi beberapa bentuk pemadaman listrik dalam beberapa bulan terakhir.

Rekaman di media lokal, Beijing News, menunjukkan mobil-mobil melaju di jalan raya di kota Shenyang dalam kegelapan total tanpa lampu lalu lintas maupun atau lampu jalan.

Bahkan sebuah pabrik di timur laut Liaoning harus membawa 23 pekerja ke rumah sakit karena keracunan karbon monoksida setelah ventilator tiba-tiba mati.


"Pemadaman listrik delapan kali sehari, empat hari berturut-turut... Saya tidak bisa berkata-kata," tulis seorang warga dari Liaoning yang frustrasi, dilansir dari AFP.

Yang lain mengeluh bahwa mal tutup lebih awal dan toko serba ada menggunakan cahaya lilin.

"Ini seperti tinggal di Korea Utara," tulis mereka di media sosial.

Hampir 60% ekonomi China ditenagai oleh batu bara. Namun pasokan telah terganggu oleh pandemi, yang akhirnya mendapat tekanan dari target emisi yang ketat. China juga tertekan oleh penurunan impor batu bara di tengah perselisihan perdagangan dengan Australia.

Awal bulan ini, harga batu bara mencapai rekor tertinggi. Akibatnya pembatasan diberlakukan pada bisnis dan rumah di tengah krisis pasokan.

Dilansir dari Reuters, kekurangan listrik akibat pasokan batu bara yang menipis juga terjadi di provinsi Jilin. Ini melumpuhkan sebagian besar industri di wilayah tersebut.

"Beberapa saluran perlu disiapkan untuk menjamin pasokan batu bara, dan China harus mendapatkan lebih banyak dari Rusia, Mongolia dan Indonesia," kata Gubernur Provinsi Jilin, Han Jun, Senin (27/9/2021).

Han juga mengatakan provinsi tersebut akan segera mengirimkan tim khusus untuk mengamankan kontrak pasokan di wilayah tetangga Mongolia Dalam. Demikian sebagaimana dikutip akun media sosial resmi WeChat provinsi tersebut.

Laporan media arus utama dan media sosial memuat informasi kurangnya daya listrik membuat lampu lalu lintas, lift perumahan dan jangkauan telepon seluler 3G mati hingga memicu penutupan pabrik.

Kekurangan listrik dapat mengganggu pasokan air kapan saja. Bahkan, beberapa toko di sana dioperasikan dengan cahaya lilin dan mal tutup lebih awal.


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading