Thailand Pangkas Waktu Karantina Turis Jadi 7 Hari

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
27 September 2021 20:46
A costumer looks for Thai traditional costume head gear similar to one wore by Thai-born K-pop singer Lalisa

Jakarta, CNBC Indonesia - Otoritas Thailand memangkas waktu karantina untuk para pelancong yang sudah divaksinasi mulai Jumat mendatang.

Pelancong yang sudah vaksin dua dosis dan memiliki sertifikat vaksinasi hanya perlu melakukan karantina selama tujuh hari. Sebelumnya Thailand memberlakukan karantina selama 14 hari.

Sementara pengunjung tanpa sertifikat harus dikarantina selama 10 hari jika masuk dengan pesawat dan 14 hari jika datang lewat darat. Semua akan membutuhkan setidaknya dua hasil tes Covid negatif.


"Saya pikir langkah-langkah ini cukup efektif untuk menyaring apakah mereka terinfeksi," kata Wakil juru bicara pemerintah Rachada Dhanadirek, Senin (27/9/2021), dikutip dari AFP.

Skema tersebut memungkinkan turis yang divaksinasi masuk tanpa harus menjalani karantina hotel yang ketat, dan setelah 14 hari karantina serta tiga tes Covid negatif, untuk bepergian ke tempat lain di Thailand.

Aturan baru ini dilakukan demi menghidupkan kembali industri pariwisata Thailand yang babak belur akibat pandemi. Sebelum terjadinya pandemi, Thailand menarik hampir 40 juta pengunjung per tahun.

Namun pasca pembatasan perjalanan terkait Covid, kinerja sektor pariwisata menjadi yang terburuk dalam lebih dari 20 tahun terakhir.

Thailand mulai membuka kembali pulau pantai Phuket dan berencana membuka kembali lima tujuan wisata lainnya, termasuk Bangkok, menggunakan model 'kotak pasir' pada 1 November, diikuti oleh 20 lagi pada Desember.

Saat ini Thailand masih mencatat lebih dari 10.000 infeksi baru sehari, sehingga total kumulatif menjadi lebih dari 1,57 juta dan jumlah kematiannya menjadi 16.300 pada Senin.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Artefak Usia 1.000 Tahun Thailand Dikembalikan AS Usai Dicuri


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading