Mobilitas Warga Naik, Luhut: Mungkin Sudah Lelah di Rumah!

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
27 September 2021 18:44
Keterangan Pers Menko dan Menteri terkait Hasil Ratas PPKM, 27 September 2021

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan melihat tingkat mobilitas masyarakat terus meningkat pada masa pelonggaran PPKM ini. Menurutnya orang sudah banyak yang bosan tinggal di rumah.

"Kemarin dapat laporan dari Dandim (Komandan Distrik Militer) di lapangan lebih dari 10 ribu orang yang datang ke Pangandaran (Jawa Barat) minggu kemarin. Meski sudah diatur rapi tapi orang mungkin sudah Lelah di rumah, makanya pengaturan harus kita tangani dengan baik," kata Luhut dalam konferensi pers, Senin (27/9/2021).

Luhut juga mencatat tingkat mobilitas masyarakat memang terpantau naik naik dari aktivitas ritel, tempat rekreasi dan taman. Begitu juga ke tempat kerja mengalami peningkatan.


Padahal sudah ada beberapa langkah yang dilakukan pemerintah untuk menekan mobilitas masyarakat. "Walaupun diambil langkah macam ganjil genap dan sebagainya tapi angka itu naik dan menjadi perhatian kita semua," katanya.

Menurut Luhut tingkat reproduksi efektif Rate atau angka kecepatan penularan di wilayah Jawa sudah di bawah 1% tepatnya 0,98%, diikuti wilayah Sumatera, dan Kalimantan. Sementara untuk wilayah Bali masih di angka 1,01%.

Luhut memaparkan, kasus konfirmasi nasional turun 96,9% dibandingkan puncak gelombang II per 15 Juli 2021. Kemudian kasus aktif nasional turun 92,6% dibandingkan puncak pada 24 Juli 2021.

Ia pun mengungkapkan kasus konfirmasi Jawa-Bali turun 98% dari puncak per 15 Juli 2021. Sementara kasus aktif di luar Jawa-Bali turun 96% dari puncak per 24 Juli 2021.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Luhut: PPKM Cukup Menggembirakan, Ada Penurunan Kasus 59%


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading