Ingat BBM Pertamax Plus? Begini Kisah Hilangnya dari Pasaran

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
23 September 2021 12:09
Ilustrasi Pertamax Turbo (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Pertamina (Persero) sempat menjual produk Bahan Bakar Minyak (BBM) non subsidi dengan nilai oktan (RON) 95 atau dijual dengan merek Pertamax Plus.

Tapi sadar kah Anda bahwa Pertamax Plus ini sudah bertahun-tahun tak lagi dijual di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU)?

Pertamax Plus ternyata sudah tak lagi dijual di SPBU sejak 2016 lalu.


Hal tersebut diungkapkan Putut Andriatno, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Subholding Trading & Commerce Pertamina kepada CNBC Indonesia, Kamis (23/09/2021).

"Pertamax Plus sudah tidak dijual sejak sekitar tahun 2016-an," ungkap Putut.

Dia pun menjabarkan, Pertamax Plus sudah tidak dijual karena adanya tuntutan dari pasar mobil sport dan juga mobil-mobil dengan tingkat kompresi yang tinggi.

Bensin RON 95 ini dinilai kurang untuk spesifikasi bahan bakar mobil-mobil high-end tersebut, sehingga perseroan langsung menyediakan bensin dengan nilai oktan lebih tinggi, yakni RON 98 atau dikenal dengan merek Pertamax Turbo.

"Berdasarkan tuntutan pasar mobil-mobil sport atau pun mobil-mobil dengan tingkat kompresi tinggi, yang mana produk Oktan 95 (Pertamax Plus) dirasa kurang, maka kami menyediakan produk yang lebih tinggi kualitasnya (RON 98) Pertamax Turbo," jelasnya.

Seperti diketahui, Pertamina menaikkan harga dua produk BBM non subsidi per Sabtu, 18 September 2021, yakni bensin dengan nilai oktan (RON) 98 atau Pertamax Turbo dan solar dengan Cetane Number 53 atau Pertamina Dex.

Mengenai kenaikan harga ini, Putut menyampaikan sebelum mengambil keputusan untuk melakukan penyesuaian harga, terlebih dahulu dilakukan kajian oleh tim harga, dan selanjutnya diputuskan oleh tim manajemen.

"Setiap keputusan untuk melakukan penyesuaian harga sebelumnya dilakukan kajian oleh tim pricing dan akan diputuskan oleh tim manajemen," paparnya.

Dia mengatakan, manajemen baru mengambil keputusan kenaikan harga untuk produk Pertamax Turbo dan Pertamina Dex. Dia menyebut, dua produk ini sudah tidak mengalami penyesuaian harga lebih dari 1,5 tahun.

"Saat ini keputusan manajemen menyesuaikan harga untuk produk Pertamax Turbo dan Pertamina Dex," ucapnya.

Berikut daftar harga BBM Pertamina terbaru:

1. Pertalite RON 90 Rp 7.650 per liter.
2. Pertamax RON 92 Rp 9.000 per liter.
3. Pertamax Turbo RON 98 Rp 12.300 per liter.
4. Dexlite (CN 51) Rp 9.500 per liter.
5. Pertamina Dex (CN 53) Rp 11.150 per liter.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading