Saat Erick Melapor ke Jokowi, Temukan Harta Karun Tersembunyi

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
22 September 2021 08:10
foto/ Peresmian Pabrik Industri Baja PT. Krakatau Steel (persero) Tbk, Kota Cilegon, 21 September 2021/ Youtube: Setpres

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku menemukan 'harta karun' energi baru di sektor minyak dan gas.

Temuan tersebut dilaporkan Erick Thohir kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada saat peresmian pabrik hot strip mill #2 milik PT Krakatau Steel (Persero) di Cilegon, Banten.

"Kemarin ada potensi temuan baru gas dan minyak yaitu 204 juta barel. Ini sangat menggembirakan di kala kita terus menurun daripada produksi nasional kita," kata Erick, seperti dikutip Rabu (22//9/2021)


Erick mengatakan temuan tersebut bisa menambah potensi bisnis bagi PT Pertamina (Persero) dalam rangka menambah cadangan minyak dan gas nasional.

"Fondasinya kami jaga supaya di 2024, kami bisa punya penjualan US$ 92 miliar dan keuntungan US$ 8 miliar, sehingga valuasinya bisa US$ 100 miliar," kata Erick.

Erick menuturkan, valuasi tersebut dibutuhkan agar Pertamina dapat meningkatkan posisi di daftar Fortune Global 500, yang berisi perusahaan dengan valuasi terbesar di dunia.

Pertamina saat ini memang memiliki memiliki nilai pendapatan sebesar US$ 41,47 miliar pada 2020 lalu. Erick ingin agar pertumbuhan pendapatan perusahaan dapat meningkat ke depan.

"Kami pastikan sub-subholding ini menjadi fondasi yang kuat untuk Pertamina menuju valuasi US$ 100 miliar karena memang Pertamina sendiri sudah masuk global 500 perusahaan terbesar," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading