Ibarat Tim Sepak Bola, RI Kini Lawan Covid Pakai Formasi Apa?

News - MAIKEL JEFRIANDO, CNBC Indonesia
20 September 2021 13:15
Pengunjung Wajib Menggunakan PeduliLindungi Saat Masuk Supermarket (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Gelombang kedua dari Covid-19 baru saja dilewati Indonesia. Mobilitas masyarakat pun perlahanĀ mulai naik seiring dengan pelonggaran aturan oleh pemerintah.

Lalu apa strategi pemerintah saat ini?

"Kalau ibarat main bola, apakah total football atau total defense strategi pemerintah saat ini, ya keduanya. Gak boleh kita defense terus atau offense saja," ungkap Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dalam webinar, Senin (20/9/2021)


Kombinasi ini, menurut Suahasil, mampu untuk menyeimbangkan upaya mendorong perekonomian namun tidak mengabaikan penyebaran kasus Covid-19.

"Kita gabungkan kombinasikan, defense dalam rangka memastikan pertahanan yang baik dan memberikan perlindungan sosial dan dukungan ke dunia usaha, mikro kecil dan saat yang sama kita lakukan dorong ke depan reformasi struktural," paparnya.

Dari sisi kesehatan, pemerintah mempercepat vaksinasi, kesiapan infrastruktur rumah sakit, tenaga kesehatan, hingga obat-obatan.

"Kita berharap kita bisa melewati periode sulit tadi. Virus Covid-19 ini, kalau sedang naik bisa diturunkan tapi kalau turunkan bukan berarti hilang. Berarti kita akan hidup bersama virus, perkuat defense dan dorong offense lewat reformasi struktural tadi," kata Suahasil.

Indonesia udah berada dalam jalur yang benar dalam mewujudkan Indonesia maju pada 2045 mendatang. Adanya pandemi Covid-19, Indonesia sempat tertahan namun pemulihan ekonomi akan membawa kembali ke jalur tersebut.

"Satu hal yang sangat penting saat krisis adalah reform. Kita rencanakan hal itu supaya ada pondasi baru saat ada krisis ini, sehingga ketika bergerak maka ekonomi mulai dengan landscape yang baru," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(mij/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading