Kronologi WHO Peringatkan RI soal Jabar-Banten-Jateng-Jatim

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
17 September 2021 17:45
World Health Organization

Jakarta, CNBC Indonesia - Penurunan kasus Covid-19 RI menjadi perhatian Badan Kesehatan Dunia (WHO). Dalam laporan terbarunya, corona di Indonesia menjadi fokus.

"Covid-19 Situation Report-72" memuat bagaimana corona RI mencatat penurunan 30% kasus di rentang tanggal 6 hingga 12 September, jika dibanding dengan minggu sebelumnya. Kematian di waktu yang sama juga menurun 23%.


Bukan hanya itu, di wilayah Jawa Bali terlihat jelas bagaimana kasus mulai turun selama seminggu. Namun, WHO masih mencatat penurunan di level moderat di luar Jawa-Bali.

Karenanya, WHO meminta RI mengevaluasi tren ini. Provinsi dan level analisis daerah harus mengevaluasi tren ini.

Meski demikian pelonggaran penguncian disebut WHO harus diwaspadai. Setidaknya ini terlihat di Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng), Jawa Timur (Jatim), dan Banten.

WHO mencatat ada peningkatan signifikan mobilitas masyarakat dibidang ritel dan rekreasi. Bahkan disebutnya telah mencapai prapandemi.

Karenanya, WHO meminta rencana antisipasi dan mitigasi. Ada kemungkinan, ini akan meningkatkan transmisi Covid-19 dan berujung pada kapasitas sistem kesehatan nasional dan daerah.

"Dibutuhkan aksi nyata untuk memitigasi risiko dari peningkatan mobilitas ini," tulis laporan mingguan WHO," tegas WHO.

Sebenarnya, mengutip laporan Covid-19 Community Mobility Report keluaran Google, secara nasional tingkat kunjungan masyarakat Indonesia di lokasi perbelanjaan ritel dan rekreasi per 11 September 2021 adalah 5%. Ini di bawah kondisi normal sebelum pandemi.

Rata-rata tujuh hari ke belakang adalah 2,71% di bawah hari biasa. Ini agak lebih ramai dibandingkan rerata tujuh hari sebelumnya yaitu 4,72% di bawah normal.

Namun di periode yang sama, kunjungan masyarakat Jabar dan Banten memang terlihat meningkat. Meski demikian ini belum terjadi di Jatim.

Di Jabar warga ke tempat perbelanjaan ritel dan rekreasi sudah sama seperti masa sebelum pandemi. Rata-rata sudah 2% di atas kondisi sebelum pandemi, jauh di atas rata-rata nasional.

Sementara mobilitas warga Banten ke lokasi perbelanjaan ritel dan pariwisata sudah 6% di atas kondisi normal sebelum pandemi. Rata-rata kunjungan dalam tujuh hari terakhir adalah 5,71% di atas normal setiap harinya, juga jauh melebihi rata-rata nasional.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading