WHO Beri Warning ke Jabar-Jatim-Banten, Ini Fakta-faktanya!

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
17 September 2021 10:54
World Health Organization

Jakarta, CNBC Indonesia - Pandemi virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19) di Indonesia dalam tren mereda. Namun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meminta Indonesia untuk memonitor perkembangan di sejumlah provinsi.

Kementerian Kesehatan melaporkan, jumlah pasien positif corona di Indonesia per 16 September 2021 adalah 4.181.309 orang. Bertambah 3.145 orang dari hari sebelumnya.

Dalam sepekan terakhir, rata-rata pasien positif bertambah 3.993 orang per hari. Turun drastis dibandingkan rerata tujuh hari sebelumnya yaitu 6.323 orang per hari.


Sementara laju pertumbuhan kasus positif corona dalam seminggu terakhir rata-rata 0,1% per hari. Melambat dibandingkan rerata tujuh hari sebelumnya yakni 0,15% saban harinya.

Akan tetapi, Indonesia tidak boleh berpuasa diri. Pandemi belum berakhir, kewaspadaan tidak boleh mengendur.

Apalagi WHO memberi catatan terhadap penanganan pandemi. WHO menyoroti peningkatan aktivitas yang signifikan di sejumlah provinsi yang bisa meningkatkan risiko penyebaran virus corona.

"Tren peningkatan mobilitas terlihat di seluruh provinsi di Jawa-Bali, terutama di lokasi transit (halte, stasiun, terminal, dan semacamnya) serta lokasi perbelanjaan ritel dan rekreasi. Peningkatan yang mencolok terjadi di Jawa Barat, Jawa Timur, dan Banten di mana mobilitas masyarakat telah kembali ke masa sebelum pandemi. Dibutuhkan aksi nyata untuk memitigasi risiko dari peningkatan mobilitas ini," tulis laporan mingguan WHO.

Halaman Selanjutnya --> Cek Perkembangan Pandemi di Jawa Barat

Cek Perkembangan Pandemi di Jawa Barat
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading