Internasional

Bukan Cuma RI, Jepang Warning Warganya di Singapura

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
15 September 2021 16:25
People are dwarfed against the financial skyline as they take photos of the Merlion statue along the Marina Bay area in Singapore, Tuesday, June 30, 2020. (AP Photo/Yong Teck Lim)

Jakarta, CNBC Indonesia - Jepang dilaporkan memberi peringatan ke warga negaranya tentang ancaman teror di Asia Tenggara. Bukan hanya Indonesia, warga di lima negara lain juga di-warning, termasuk Singapura.

Hal ini mendapat respons dari Negeri Singa. Departemen Keamanan Dalam Negeri (ISD) mengatakan tidak melihat hal spesifik terkait ancaman teror yang 'diramal' terjadi di negeri itu.


ISD juga mengatakan telah menghubungi Jepang terkait ini. "Mereka juga tak memiliki data intelijen spesifik," kata lembaga itu dikutip dari Strait Times, Rabu (15/9/2021).

Meski demikian, badan itu mendesak semua warga Singapura untuk tetap waspada. Termasuk menghubungi hotline kontra terorisme jika melihat aktivitas mencurigakan.

Sebelumnya Jepang mengeluarkan peringatan di situs Kementerian Luar Negeri. Disebutkan bahwa ada informasi tentang kemungkinan serangan bom bunuh diri di tempat-tempat keramaian, seperti ibadah, termasuk di Singapura.

Warga Jepang diminta waspada dan mengikuti instruksi pihak berwenang setempat. Mereka juga diminta tidak datang ke tempat wisata atau keagamaan, dan hal-hal terkait 'Barat'.

Himbauan ini juga berlaku di Filipina, Malaysia, Thailand dan Myanmar. Di Filipina dan Malaysia, kedutaan besar mengakui adanya peringatan itu.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading