BLT UMKM Rp 1,2 Juta September 2021, Akses eform.bri.co.id

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
15 September 2021 14:16
INFOGRAFIS, Daftar Bansos yang Cair di Bulan Ini

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu memberikan kabar baik pagi pengusaha usaha mikro dan kecil yang terkena dampak Covid-19. Program Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM Rp 1,2 juta akan kembali dicairkan.

Hal ini disampaikan langsung oleh Jokowi dalam acara Pemberian Banpres Produktif Usaha Mikro 2021 yang bertempat di Halaman Istana Merdeka, seperti dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi mengatakan untuk tahun 2021 pemerintah akan membagikan Banpres produktif senilai Rp 15,3 triliun yang dibagikan kepada 12,8 juta pelaku usaha mikro dan kecil dan mulai dibagikan hari ini.


"Tahun 2021 yang akan dibagikan untuk banpres produktif ini adalah Rp 15,3 triliun yang dibagikan kepada 12,8 juta pelaku usaha mikro dan kecil. Jadi bukan hanya Bapak Ibu semuanya, nggak, ada 12,8 juta pelaku usaha mikro dan kecil yang ada di seluruh tanah air," katanya.

Jokowi berharap BLT UMKM Rp 1,2 juta ini bisa mendorong ekonomi pengusaha kecil yang sedang terdampak pandemi Covid-19.

Salah satu lembaga keuangan yang menyalurkan bantuan ini adalah Bank BRI. Masyarakat bisa mengecek penerimanya di situs eform.bri.go.id/bpum.

Sebelumnya Sekretaris Perusahaan BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan untuk mendukung program ini BRI menghadirkan BPUM Reservation System untuk mempermudah pencairan BLT UMKM.

Melalui sistem ini masyarakat tidak hanya menggunakan eform untuk mengecek penerima tetapi juga dapat mengetahui kuota antrean di unit kerja.

Sistem ini juga memungkinkan nasabah untuk memilih kantor BRI atau Unit kerja Operasi (UKO) serta tanggap pencairan bantuan.

Berikut cara mengecek penerima BLT UMKM

1 kunjungi situs eform.bri.co.id/bpum
2 Masukkan nomor KPT dan kode verifikasi.
3 Klik proses inquiry
4 Jika sudah masuk, Anda akan menerima pemberitahuan apakah sudah mendapatkan bantuan atau tidak.
5 Jika terdaftar sebagai penerima akan muncul menu dengan pilihan Provinsi, Kota/Kabupaten, Unit Kerja, dan tanggal (jadwal) antrean.
6 Masukkan data yang diminta, Jika antrean penuh pada tanggal yang diinginkan, maka nasbah harus memilih hari lain di unit kerja yang sama.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading