Internasional

Jreng! Putin Tiba-tiba Isolasi Mandiri, Ada Apa?

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
14 September 2021 17:50
Presiden Rusia Vladimir Putin di acara KTT AS-Rusia, Villa La Grange di Jenewa, Swiss, Rabu (16/62021). (AP/Alexander Zemlianichenko)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Rusia Vladimir Putin tiba-tiba melakukan isolasi mandiri. Ia bahkan membatalkan agenda perjalanannya ke Tajikistan.

Ini karena salah satu anggota rombongannya terinfeksi Covid-19. Putin mengatakan karena kasus virus corona itu, ia harus mematuhi aturan isolasi diri untuk jangka waktu tertentu.


Hal ini juga ditegaskan Kremlin. Dalam laporannya Reuters menulis Putin juga sudah menghubungi Presiden Tajikistan Emomali Rakhmon untuk menjelaskan situasi.

"Sebagai gantinya, Putin akan mengambil bagian dalam pertemuan melalui video," kata Kremlin, Selasa (14/9/2021).

Putin diagendakan ke Tajikistan dalam rangka pertemuan tingkat tinggi Pakta Pertahanan Keamanan Kolektif (CSTO). Ini adalah aliansi Rusia dengan Tajikistan, Armenia, Kazakhstan, Kirgistan, dan Uzbekistan.

Selain CSTO, Putin juga seharusnya menghadiri Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO) di sana. Itu adalah China dan Russia dengan Tajikistan, Kazakhstan, Kirgistan, dan Uzbekistan yang focus pada masalah politik, keamanan, ekonomi dan budaya.

Rusia sendiri mencatat 17.837 kasus baru hari ini dengan 781 kematian. Ada 563.803 kasus aktif dengan 2.300 kasus serius.

Total kasus Covid dari awal pandemi tercatat 7.176.085 dengan 194.249 kematian. Rusia masuk lima besar negara dengan akumulasi kasus Covid-19 terbanyak dunia.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading