Ramai-Ramai Perusahaan Go Green, dari Amazon Sampai Danone

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
10 September 2021 12:15
Kantor Amazon

Jakarta, CNBC Indonesia - Dunia sedang berbondong-bondong melakukan transisi energi dari energi berbasis fosil menuju ke energi terbarukan. Tidak hanya pemerintah yang berupaya, berbagai perusahaan juga mau ambil peran, di antaranya Amazon, Danone, hingga Multi Bintang Indonesia.

Dalam wawancara terbatas secara virtual, Jumat (10/09/2021), perusahaan tersebut menyampaikan dukungan atas transisi energi dan berupaya memenuhi kebutuhan energi perusahaan dari energi terbarukan.

Ika Noviera, Corporate Affairs Director Multi Bintang Indonesia, mengatakan perusahaannya punya mimpi mencapai 100% pemakaian energi terbarukan pada 2025 mendatang. Pada 2022 ditargetkan pemakaian energi terbarukan sudah mencapai 65%.


"Mimpi kami di 2025 100% Bir Bintang ini bisa memproduksi renewable energy. Saat ini kami sudah ontrack 65%. Sisanya kami butuh dukungan dari pemerintah. Tujuannya adalah target pemerintah 23% di 2025," jelasnya.

Untuk mencapai pemakaian energi terbarukan 100% pada 2025 mendatang menurutnya perlu dukungan dari pemerintah. Pihaknya mengapresiasi atas beberapa aturan yang dibuat pemerintah yang turut mendukung usahanya.

"100% di 2025 butuh dukungan dari pemerintah. Kami apresiasi ada beberapa aturan dukung usaha kami capai target," ujarnya.

Ken Haig, Head of Energy and Environment Policy Asia-Pacific Amazon Web Services, mengatakan Amazon memiliki komitmen untuk membangun bisnis berkelanjutan. Tidak hanya bagi Amazon, namun juga bagi pelanggannya.

Amazon punya komitmen mencapai nol bersih karbon pada 2040 dan menuju 100% energi terbarukan pada 2025. Salah satu poin penting menurutnya adalah cloud lebih hijau.

Memindahkan beban kerja perusahaan dan sektor publik Asia Pasifik dari pusat data lokal ke cloud menurutnya dapat mengurangi konsumsi energi dan emisi karbon terkait hingga 78%.

"Research rata-rata customer Asia Pasifik bisa kurangi 78% konsumsi energi dan beberapa emisi karbon dengan jalankan kerja berbasis cloud dan yang ramah energi lainnya," paparnya

Raditya Pramudiantoro Perwakilan dari Danone mengatakan dibutuhkan kolaborasi antar berbagai pihak untuk mendorong pemakaian energi terbarukan ini. Upaya Danone dalam beralih ke energi terbarukan diantaranya melalui pemanfaatan energi surya dan saat ini tengah membangun biomassa.

"Ke sana kita butuh kolaborasi antar pihak, target jangka panjang juga sama," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading