Dubes Jerman untuk China Jan Hecker Wafat Mendadak, Ada Apa?

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
06 September 2021 18:25
Jan Hecker (kiri) berbincang dengan Angela Merkel (kanan). (AP/Markus Schreiber)

Jakarta, CNBC Indonesia - Duta Besar Jerman untuk China, Jan Hecker, dilaporkan meninggal dunia pada, Senin (6/9/2021). Hecker wafat hanya beberapa minggu setelah menduduki posisi sebagai wakil Berlin untuk Beijing itu.

Mengutip CNN, kabar duka itu disampaikan oleh Kementerian Luar Negeri Jerman. Mereka menyebut Hecker wafat di usia 54 tahun. Disebutkan kepergian Hecker sangatlah mendadak. Sebab, pada Jumat (3/9/2021), lalu, Hecker masih terlihat sehat dan bugar saat menghadiri acara webinar seorang artis Jerman.

"Kami sangat sedih dan terkejut mengetahui kematian mendadak Duta Besar Jerman untuk China," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Jerman dalam sebuah pernyataan resmi. "Hati kami bersama keluarganya dan teman-teman serta koleganya saat ini."



Hecker menduduki jabatan sebagai dubes Jerman ke-14 untuk China pada 24 Agustus lalu. Sebelumnya, dia merupakan Direktur Departemen Kebijakan Luar Negeri, Keamanan dan Kebijakan Pembangunan serta menjadi penasihat kebijakan luar negeri Kanselir Angela Merkel sejak 2017.

"Saya sangat terkejut dengan kematian Jan Hecker. Simpati terdalam saya untuk istri, anak-anak, dan kerabat lainnya yang sedang dalam kesedihan tak terperi," kata Merkel dalam sebuah pernyataan tertulis.

Dari pemerintah China, Juru Bicara Kemenlu Wang Wenbin menyampaikan belasungkawa resmi atas nama pemerintah. Ia mengatakan Hecker memiliki visi luar biasa dalam mempererat hubungan Jerman dan China.

"Kami terkejut mengetahui tentang kematian mendadak Dubes Hecker yang telah bekerja secara aktif untuk mempromosikan hubungan China-Jerman sejak menduduki jabatannya," ujarnya.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading