Siap-siap! KB Bukopin Rights Issue 35 Miliar Saham Baru

News - Monica Wareza, CNBC Indonesia
06 September 2021 08:31
Bank KB Bukopin (Bank Bukopin)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP) akan melaksanakan rencana penambahan modal dengan memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue dengan menerbitkan sebanyak-banyaknya 35.156.418.285 saham baru dengan nominal Rp 100/saham.

Saham baru ini ditargetkan akan dicatatkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 29 September 2021.

Berdasarkan prospektus ringkas yang dirilis perusahaan, dana hasil rights issue ini oleh bank akan digunakan untuk penguatan modal, penyaluran kredit, dan memperkuat struktur pendanaan jangka panjang sesuai dengan arah bisnis yang telah ditetapkan.


Secara detail, pengembangan bisnis segmen UKM dengan porsi 60% dan pengembangan bisnis segmen konsumer sebesar 40%.

Hal ini sejalan dengan rencana bisnis bank (RBB) tahun depan yang fokus pada segmen bisnis Retail, yang terdiri dari segmen Usaha Menengah, Kecil dan Mikro (UMKM) serta individual atau segmen Konsumer.

Bank KB Bukopin berencana melanjutkan ekspansi dengan komposisi 67% pada segmen Retail dan 33% pada segmen Komersial sebagai penyeimbang, serta secara simultan melakukan peningkatan kualitas aset secara keseluruhan.

Setiap pemilik 500 saham lama nantinya akan berhak atas 538 saham HMETD. Namun jika ada pemegang saham yang tidak melaksanakan haknya, maka saham tersebut akan dialihkan kepada pemegang saham lainnya yang telah melaksanakan haknya.

Pemegang saham yang berhak untuk terlibat dalam aksi korporasi ini adalah pemegang saham yang namanya terdaftar dalam daftar pemegang saham per 27 September 2021.

Hingga saat ini masih belum ditetapkan harga pelaksanaan rights issue ini.

Namun, jika menggunakan asumsi harga saham perusahaan pada akhir perdagangan pekan lalu, Jumat (3/6/2021), di Rp 486/saham, maka perusahaan akan mendapatkan dana senilai Rp 17 triliun.

Per Juni 2021, saham Seri A Bukopin dipegang PT Bosowa Corporindo 0,02% dan Pemerintah RI 0,01%. Adapun saham Seri B dipegang Kookmin Bank Co Ltd 67%, Bosowa 8,82%, dan pemerintah 3,17%, sementara investor pubik 20,95%.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading