Panas! Raja Salman Tangkal Serangan Houthi ke Kilang Minyak

News - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
05 September 2021 16:58
A dark plume of smoke rises up from a main oil refinery south of Tehran, Iran, Thursday, June 3, 2021. A massive fire broke out Wednesday night at the oil refinery serving Iran's capital, sending thick plumes of black smoke over Tehran. (AP Photo/Ebrahim Noroozi)

Jakarta, CNBC Indonesia - Arab Saudi pada Sabtu (4/9/2021) melaporkan bahwa pihaknya telah berhasil mencegat rudal yang ditembakkan ke fasilitas pengolahan minyak di kota Dammam.

Mengutip Reuters, militer Saudi menyebut rudal itu gagal mendarat di fasilitas minyak Dammam. Rudal itu pecah di udara dan serpihannya jatuh di pemukiman publik.

"Rudal itu dicegat di pinggiran kota Dammam, dengan pecahan peluru yang tersebar melukai dua anak Saudi dan menyebabkan kerusakan ringan pada 14 rumah," kata pernyataan yang dibawa oleh kantor berita negara SPA.


Selain di Dammam, Saudi juga mengatakan bahwa mereka juga mencegat dan menghancurkan rudal balistik yang ditembakkan menuju Jazan dan Najran di bagian selatan negara itu.

Riyadh menuduh bahwa serangan ini dilakukan kelompok pemberontak Yaman, Houthi. Houthi sendiri mendapat dukungan besar dari Iran. Hingga saat ini, kelompok itu memiliki riwayat atas beberapa serangan terhadap instalasi minyak Saudi.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Saudi tetap menyatakan komitmennya untuk melindungi warga Saudi serta beberapa fasilitas stretegis negara itu dari serangan musuh.

"Kementerian Pertahanan akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan dan pencegahan untuk melindungi tanah dan kemampuannya, dan menghentikan serangan permusuhan dan lintas perbatasan untuk melindungi warga sipil, sesuai dengan hukum humaniter internasional," kata kementerian itu.

Koalisi militer pimpinan Saudi melakukan intervensi di Yaman pada tahun 2015. Mereka mendukung pasukan pimpinan Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi yang memerangi Houthi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Panas! Koalisi Saudi Gempur Pasukan Huthi di Sanaa Yaman


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading