Kios di Glodok-Roxy Bakal Makin Banyak yang Dilelang Murah!

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
02 September 2021 12:53
ITC Roxiy Mas (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC IndonesiaKios-kios di pusat perbelanjaan ternama seperti di LTC Glodok hingga ITC Roxy Mas mulai banyak yang masuk daftar lelang. Bank yang menaungi aset umumnya menawarkan dengan harga yang miring demi cepat mendapatkan dana segar.

Bank melelang aset karena debitur tidak mampu untuk membayar cicilannya. Dengan pandemi Covid-19 yang berkepanjangan, bukan tidak mungkin ke depan makin banyak lagi aset kios yang dilelang.

"Pasti, pasti. Karena ketidaksanggupan pelaku usaha, bukan hanya di Glodok, namun juga seperti Tanah Abang," kata Ketua Umum DPP Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Mandey kepada CNBC Indonesia, Kamis (2/9/2021).

Roy menilai kondisi itu terjadi karena produktivitas pelaku usaha menurun akibat pandemi. PPKM Darurat yang berlaku Juni lalu serta beberapa pembatasan sebelumnya membuat pergerakan masyarakat tertahan. Akibatnya, masyarakat yang ingin berbelanja barang elektronik pun menjadi kesulitan.

"Kedua, karena Glodok sifatnya elektronik yang sifatnya bisa ditunda, sifatnya bukan primer bukan pangan sehingga ada switching behaviour konsumen karena mengutamakan makanan dan minuman. Ketiga, belum ada stimulus buat pedagang yang sifatnya berkaitan operasional," ujar Roy.

Jika tidak ada perubahan kebijakan signifikan, bukan tidak mungkin makin banyak pelaku usaha yang akhirnya gulung tikar. Aset yang dimiliki pun bisa jadi bakal ditarik oleh bank.



Banyaknya kios yang masuk daftar lelang terungkap lewat situs lelang bank dan situs lelang Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan, yaitu lelang.go.id.

Misalnya tersedia satu unit kios seluas 6,25 meter persegi di LTC Glodok Jalan Hayam Wuruk Nomor 127, Kelurahan Mangga Besar, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, DKI Jakarta. Kiosnya terletak di lantai I Blok K/GF/A2/23. Sesuai dengan SHMASRS No. 1662/I/Mangga Besar atas nama Soenarja Tjandra (Soenarja). Harga limitnya Rp 850 juta dan jaminan Rp 170 juta.

Kemudian kios yang berada ITC Roxy Mas lantai 1 nomor 7 yang bakal dilelang Bank Rakyat Indonesia (BRI).

"Harganya Rp 1.950.200.000, luas bangunan 28 meter persegi, arah hadap bangunan selatan, daya listrik 2.200 watt," tulis infolelang.bri.co.id pada, Selasa (31/8/2021).



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Glodok Sampai ITC Roxy Sepi Total, Ternyata Ini Sebabnya!


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading